Find Us On Social Media :

Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini, Bumi Akan Alami Gelap Gulita Sesaat

By None, Selasa, 2 Juli 2019 | 16:34 WIB

Gerhana matahari total dari Maba, Halmahera Timur, Rabu (9/3/2016).

Grid.ID - Fenomena gerhana matahari total akan terjadi hari ini, (2/7/2019).

Gerhana matahari total merupakan fenomena alam saat posisi matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus, sehingga cahaya matahari tertutup sepenuhnya oleh bayangan bulan.

Sayangnya, menurut laman Cnet.com, gerhana matahari total ini hanya bisa disaksikan di kawasan Pasifik, Chili, dan Argentina.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Dibuat Kesal Saat Disinggung Mengenai Mantan Suaminya

Namun, kita yang berada di Indonesia masih dapat menyaksikan gerhana matahari total melalui live streaming.

Live streaming gerhana matahari total ini disediakan oleh National Science Foundation's Cerro Tololo Observatory di Chili.

Tak hanya itu, lembaga tersebut juga menyediakan aplikasi Android dan iOS agar Anda dapat melihat gerhana matahari total di smartphone atau HP.

Tautan atau link live streaming dan link download aplikasi smartphone Android dan iOS akan disematkan di akhir tulisan ini.

Baca Juga: Cuek dan Tak Yakin King Faaz Adalah Anak Kandungnya, Fairuz A Rafiq Ungkap Momen Terkahir Kali Putranya bertemu dengan Galih Ginanjar

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin turut menjelaskan mengenai fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi pada 2-3 Juli 2019.

Dilansir TribunJabar.id dari Antara, Thomas mengatakan, gerhana matahari total itu hanya teramati di Pasifik dan Amerika lantaran melewati garis gerhana yang dimulai pada pagi 3 Juli di Pasifik Barat.

Kemudian, jalur gerhana matahari total itu akan berakhir pada 2 Juli maghrib di Amerika Selatan.