Find Us On Social Media :

Bahaya Tersembunyi dari Kebiasaan Gunakan Obat Kumur Setiap Hari Sehabis Mandi, Hati-hati ya!

By Ridho Nugroho , Jumat, 12 Januari 2018 | 20:47 WIB

Efek samping dari kebiasaan menggunakan obat kumur dengan kandungan kimiawi yang diklaim mampu memicu risiko penyakit diabetes.

Laporan Wartawan Grid.ID, Rini Listia

Grid.ID - Menggunakan mouthwash atau obat kumur memang bisa membuat nafas kita terasa lebih segar dan tentunya wangi, dong!

Namun beberapa studi beranggapan bahwa efek pemakaian obat kumur setiap hari dapat meningkatkan peluang terkena penyakit diabetes.

Menurut survei The San Juan overnight Adults Longitudinal, terdapat 1.206 individu non-diabetes antar usia 40-65 tahun yang terbiasa menggunakan obat kumur setiap harinya.

(Waspada, Penggunaan Obat kumur Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes, wah Masa sih?)

Bahkan, sebanyak 43 persen menggunakan obat kumur setidaknya sekali dalam sehari dan 22 persen menggunakan obat kumur paling sedikit dua kali dalam sehari.

Hasilnya, peserta yang menggunakan obat kumur dua kali atau lebih dari satu kali per hari berisiko mengalami pra-diabetes atau diabetes selama tiga tahun. Duh, ngeri juga, ya!

(Wajah Wanita Ini Rusak Akibat Minum Obat Sakit Gigi, Ternyata Ini Penyebabnya )

Kandungan bahan antibakteri pada obat kumur dapat mengganggu pengurangan nitrat, obat kumur membunuh bakteri di dalam mulut yang berfungsi mengatur insulin tubuh, ujar Greg Gelfand DDS, Dokter gigi dan kosmetik di New York yang dilansir pada laman Reader'sdigest.com.

Sebelum kamu menjadi panik dan membuat botol obat kumurvyang sering kamu pakai, sebaiknya kamu melakukan konsultasi pada dokter gigi.

(duhh.. Rempong deh Beli Obat Kumur Segala, Mending lakukan ini Untuk Cegah Bau Mulut)

Pasalnya obat kumur yang dijual di pasaran memiliki kandungan produk yang bervariasi, seperti obat kumur yang mengandung alkohol dan juga obat kumur yang bebas kandungan alkohol.