Find Us On Social Media :

Benarkan Kabar Potensi Gempa Bumi dan Tsunami di Pantai Selatan Jawa, BMKG: Masyarakat Tidak Perlu Cemas

By Novita Desy Prasetyowati, Minggu, 21 Juli 2019 | 08:09 WIB

Benarkan Kabar Gempa yang Berpotensi Tsunami di Pantai Selatan Jawa, BMKG: Masyarakat Tidak Perlu Cemas dan Takut

Grid.ID - Belum lama kabar gempa yang berpotensi tsunami di Pantai Selatan Jawa ramai diperbincangkan publik.

BMKG membenarkan kabar gempa yang berpotensi tsunami di Pantai Selatan Jawa.

Tak hanya membenarkan kabar gempa yang berpotensi tsunami di Pantai Selatan Jawa, BMKG juga mengimbau masyarakat agar tidak cemas dan takut.

Baca Juga: Beredar Kabar Gempa 8,8 SR Berpotensi Guncang Pantai Selatan Jawa, BMKG DIY: Peringatan Dini Kedua Kami Sampaikan 10 Menit Usai Gempa

Seperti yang diketahui, gempa 8,8 SR berpotensi terjadi di sepanjang selatan Pantai Jawa hingga timur Sumba dan selatan Selat Sunda.

Prediksi potensi gempa bermagnitudo hingga 8,8 SR di selatan Pantai Jawa disampaikan oleh pakar tsunami dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Melansir dari laman Antaranews, Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko memprakirakan gempa megathrust terjadi di selatan Pulau Jawa.

Baca Juga: Terjadi Saat Sasih Kasa, Gempa di Bali Justru Jadi Pertanda Baik Bagi Orang Bali!

Gempa yang berpotensi terjadi sebesar 8,5 hingga 8,8 SR diprediksi menimbulkan gelombang tsunami dengan ketinggian 20 meter di sepanjang pantai tersebut.

“Ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa hingga ke Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda. Akibatnya, ada potensi gempa megathrust dengan magnitudo 8,5 hingga 8,8,” terang Widjo Kongko di Yogyakarta, Rabu (17/7/2019).

Dampak gelombang gempa tsunami berpotensi mengenai selatan Jawa khususnya selatan DIY cukup panjang yaitu Cilacap hingga Jawa Timur.

Baca Juga: KUMPULAN BERITA TERPOPULER: Kabar Gempa 8,8 SR Berpotensi Guncang Pantai Selatan Jawa, Hingga Janda 40 Tahun yang Digrebek Bersama Pemuda 17 Tahun di Kamar Hotel