Find Us On Social Media :

Yuk Kenali Gejala Kanker Serviks dan Cara Pencegahannya, Ini Penjelasan dari Pakar!

By Irma Joanita, Senin, 22 Januari 2018 | 20:03 WIB

Kenali gejala kanker serviks yang jarang terlihat

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Gejala kanker serviks stadium awal jarang sekali terlihat, bahkan mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali hingga sel kanker menyebar ke jaringan di sekitarnya.

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada sel-sel leher rahim yang terletak pada bagian rahim yang terhubung ke vagina.

Satu-satunya penyebab dari penyakit mematikan ini adalah Human papillomavirus atau HPV, yang dapat menular melalui hubungan seksual dan atau kontak langsung kulit ke kulit.

Untuk lebih mengenali penyakit ini, berikut penjelasan Prof. dr. Andrijono SpOG(K) selaku Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia, saat ditemui oleh Grid.ID di acara Forum Ngobras "Upaya Mendorong Program Nasional Vaksinasi HPV untuk Cegah Kanker Serviks", Jumat (19/01), di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat.

( BACA : Bikin Cenat-cenut! Ini Penampilan Cantik Memesona Nikita Willy Kala Berpose Bersama Sang Mama, Keduanya Kompak Banget loh)

"Sebenarnya ada beberapa ciri yang bisa kita lihat untuk mendeteksi apakah seseorang terkena penyakit kanker serviks atau tidak, dan ini bisa kita lihat dan rasakan sebagai bentuk pencegahan dini," jelasnya.

Beberapa gejala tersebut seperti :

1. Pendarahan vagina yang tidak beraturan dan biasanya terjadi setelah berhubungan seks.

2. Selain itu, keputihan yang berair dan bercampur darah juga bisa menjadi gejala kanker serviks. Biasanya keputihan juga bisa memiliki bau busuk, berwarna jernih atau kecoklatan.

3. Nyeri panggul saat sedang berhubungan.

Sang pakar juga menambahkan bahwa satu-satunya cara untuk dapat terhindar dari penyakit ini adalah dengan melakukan vaksinasi HPV sebagai upaya pencegahan dini.