Find Us On Social Media :

Biar Makin Efektif, Kenali Dulu Gaya Belajar Kamu

By , Senin, 5 Agustus 2019 | 17:55 WIB

Biar Makin Efektif, Kenali Dulu Gaya Belajar Kamu

Grid.id - Tahun ajaran baru sudah dimulai. Setelah lama berlibur, kini saatnya para pelajar kembali ke sekolah dan memulai aktivitas belajar.  Sudah siap?

Berbicara soal belajar,ternyatasetiap orang punya cara dan gaya berbeda-beda, loh.

Misalnya, kamu merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dan belajar saat berada di ruangan yang penuh dengan orang. Sementara itu, teman kamu bisa memahami materi dengan mudah, walaupun suasananya ramai.

Nah, karena perbedaan itu, Howard Gardners mengelompokkan cara belajar setiap orang menjadi 7 gaya berbeda sesuai dengan teori multiple intelligences (kecerdasan ganda) miliknya.

Bukan hanya satu, menurut dia, manusia punya banyak tipe kecerdasan, seperti kecerdasan musikal, interpersonal, hingga linguistik.

Teori itu kemudian diperkuat dengan riset pada 2014 yang dilakukan Profesor Paul Howard-Jones dari Universitas Bristol, Inggris. Hasil penelitiannyamenyatakan, 93-97 persen guru di Inggris, China, dan Turki setuju kalau murid-murid dapat memahami materi lebih baik jika diajar sesuai gaya belajarnya.

Kalau begitu, sebaiknya kamu mengenal lebih dulu gaya belajar yang sesuai agar bisa lebih efektif. Kamu pun bisa lebih mudah menyerap informasi serta materi yang diberikan.

Lalu apa saja sih 7 gaya belajar itu? Berikut Grid.id sudah merangkumnya untuk kamu.

Visual (Spasial)

Sesuai namanya, pemilik gaya belajar ini mengandalkan penglihatan. Mereka cenderungdapat memproses informasi lebih baik dengan bantuan gambar, warna, imajinasi visual, dan spasial.

Bagi pemilik gaya visual, pelajaran akan lebih mudah dimengerti saat dipelajari lewat mind map, video, atau catatan dengan berbagai warna dan gambar menarik.

Auditory musical (Aural)