Find Us On Social Media :

4 Hal Ini yang Bisa Mencegah Wanita Terkena Penyakit Kanker Serviks yang Mematikan

By Ridho Nugroho , Senin, 22 Januari 2018 | 23:11 WIB

Kenali gejala kanker serviks sejak dini dengan gejala-gejala saat haid dan saat berhubungan intim.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Berbagai sumber data menunjukkan bahwa satu dari 1000 wanita yang ada di Indonesia memiliki risiko terkena kanker serviks.

Bahkan terhitung ada satu persen wanita berusia di bawah 20 tahun yang terkena penyakit kanker yang mematikan ini.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Prof. dr. Andrijono SpOG(K), selaku Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia saat ditemui oleh Grid.ID di acara Forum Ngobras "Upaya Mendorong Program Nasional Vaksinasi HPV untuk Cegah Kanker Serviks", Jumat (19/01), di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat.

(Penyebab Utama Wanita Usia Muda juga Rentan Terkena Kanker Serviks, Ini Penjelasan Pakar)

"Satu-satunya penyebab utama dari penyakit ini adalah sebuah virus yang bernama HPV yang masuk ke dalam serviks, yang sebenarnya jika daya tahan tubuh bagus bisa tidak memiliki dampak apa-apa, namun, saat daya tahan tubuh seseorang lemah itulah yang akan menyebabkan kanker serviks terjadi," jelas sang ahli.

Namun, untuk kamu para wanita, sebenarnya bisa kok, terhindar dari penyakit ini hanya dengan melakukan gaya hidup yang simpel seperti yang dijelaskan oleh Prof. dr. Andrijono SpOG(K).

Berikut 4 cara terhindar dari penyakit kanker serviks menurut Prof. dr. Andrijono SpOG(K) yang telah Grid.ID rangkum untuk kamu.

(Berjuang Mengurangi Penderita Kanker Serviks, Ini yang Dilakukan Seorang Dokter di Malaysia)

1. Menjaga kebersihan Menjaga kebersihan area kewanitaan memang menjadi poin penting agar kamu tehindar dari virus HPV sebagai penyebab utama penyakit kanker serviks.

"Salah satu caranya adalah dengan tidak bertukar pakaian dalam dengan siapapun, dan selalu menjaga kebersihan pada area kewanitaan," jelas sang ahli.

(Kutil dan Celana Dalam, Ternyata Awal Kanker Serviks Mulai Menyebar Begini Penjelasannya)