Find Us On Social Media :

Akan Ada Fenomena Ini di Akhir Januari, BMKG Himbau Warga Jakarta Untuk Waspada!

By Siti Umaiya, Sabtu, 27 Januari 2018 | 13:31 WIB

waspada banjir rob di Jakarta (foto: Kompas.com)

Grid.ID - Dipenghujung bulan Januari 2018, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta agar warga Jakarta untuk waspada.

Pasalnya BMKG membeberkan akan ada fenomena supermoon merah yang mengakibatkan banjir rob di akhir Januari nanti.

Banjir rob, akan terjadi pada purnama perigee (bulan purnama penuh) disekitar wilayah Utara Jakarta.

Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, diperkirakan Supermoon terjadi tanggal 30-31 Januari 2018.

Saat itu, itu jarak bumi dan bulan hanya 358.993 kilometer dengan gerhana bulan total dengan warna merah.

(Baca Juga: Biasa Dipakai Saat Acar Pernikahan, Kursi Khas Wonogiri Ini Malah Dipakai Pemotretan Model Cilik Korea, Hasilnya Keren Banget Loh!)

"Kita mengingatkan agar mewaspadai ancam rob yang terjadi di pinggir pantai, khususnya jakarta," papar Hary Tirto Djatmiko pada Jumat (26/1/2018).

Berbeda dengan supermoon sebelumnya, Hary mengatakan, supermoon kali ini lebih besar 14 persen dan jauh lebih terang sekitar 30 persen, dari ukuran biasa atau apogee (Bulan di dekat titik terjauhnya dari bumi).

Selain itu, purnama perigee kali ini menjadi supermoon penuh dari tiga rangkaian supermoon ini yang berdekatan sebelumnya.

Hary Tirto Djatmiko mengatakan, dampak fenomena Supermoon yang terjadi di di penghujung Januari 2018 mendatang, antara lain masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai diimbau waspada dan siaga terhadap peningkatan pasang air laut maksimum.

(Baca Juga: Mantap Pacaran, Nikita Mirzani Mulai Pamer Kekasih Barunya!)

"Maka hal itu, dapat mengakibatkan terjadi banjir rob.