Find Us On Social Media :

Jangan Lagi Jemur Pakaian Dalam Ruangan, Ada Dampak Buruk Untuk Kesehatan

By None, Minggu, 18 Agustus 2019 | 21:37 WIB

Jangan Lagi Jemur Pakaian Dalam Ruangan, Ada Dampak Buruk Untuk Kesehatan

Grid.ID – Saat sedang hujan, biasanya ibu rumah tangga akan memnfaatkan ruang kosong di dalam rumah untuk menjemur pakaian.

Tapi tahukah kamu jika kebiasaan menggantung atau menjemur baju di dalam ruangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan?

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Mackintosh School of Architecture di Skotlandia, menemukan bahwa menjemur pakaian di dalam ruangan akan meningkatkan kelembaban udara sampai 30%.

Baca Juga: Jalur Mana yang Akan Kamu Pilih? Bisa Ungkap Orang Seperti Apa Kamu Sebenarnya

Berdasarkan survei terhadap 100 rumah yang dilakukan, hampir tiga perempat rumah memiliki tingkat kelembaban yang bisa memicu pertumbuhan kuman dan tungau.

Melansir laman Independent.co.uk, The Asthma Society of Ireland telah mengeluarkan peringatan tentang bahaya menjemur pakaian di dalam ruangan.

"Lingkungan lembab mendorong tumbuhnya jamur yang dapat melepaskan 'biji' yang disebut spora," ucap Pheena Kenny, perwakilan The Asthma Society of Ireland, mengutip Independent.co.uk.

Baca Juga: Dapat Warisan Rumah, Pria ini Justru Temukan Brankas Tua yang Berisi Harta Keluarganya Pada Jaman Perang Dunia

Spora yang tumbuh ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Apalagi, spora atau jamur seringkali tak kasat mata atau sulit ditemukan oleh mata telanjang.

Biasanya orang yang menghirup spora akan terbantu berkat sistem kekebalan tubuh dengan batuk atau bersin, sehingga tak membuat spora masuk lebih jauh ke dalam tubuh.

Namun jika tak memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan sensitif, seseorang akan mengalami reaksi alergi yang berbeda.