Find Us On Social Media :

Dulu Jadi Wilayah Miskin, Negara ini Diprediksi Mendadak Menjadi Kaya Setelah Temukan Ladang Minyak

By None, Kamis, 19 September 2019 | 14:29 WIB

Dulu Jadi Wilayah Miskin, Negara ini Diprediksi Mendadak Menjadi Kaya Setelah Temukan Ladang Minyak

Grid.ID — Nama Guyana, negara yang terletak di Amerika Selatan pernah dinobatkan sebagai negara termiskin kedua di dunia.

Namun sepertinya predikat tersebut diperkirakan tak akan bertahan lama, bahkan Guyana berpotensi menjadi negara terkaya.

Sebab, Guyana kemungkinan akan mengalami 'oil boom' setelah berhasil menemukan ladang minyak di negaranya.

Baca Juga: Lokasinya Bertetangga dengan Indonesia, Inilah Kota Paling Berbahaya di Dunia

"Banyak orang yang belum mengetahui seberapa besar potensinya," kata mantan Dubes AS untuk Guyana Perry Holloway akhir tahun lalu.

"Pada 2025, GDP (Guyana) akan naik menjadi 300 persen lalu 1.000 persen. Ini amat besar. Guyana akan menjadi negara terkaya di belahan dunia ini dan berpotensi jadi terkaya di dunia," kata Holloway.

Pernyataan itu terlihat terlalu ambisius, tetapi dengan penduduk hanya 750.000 jiwa, kekayaan Guyana pasti meroket jika dihitung pendapatan per kapita.

ExxonMobile, perusahaan minyak utama di Guyana, mengatakan telah menemukan lebih dari 5,5 miliar barel minyak di perairan negeri itu.

Baca Juga: Terkepung Kobaran Api Karhutla Sampai Terjebak di Atas Pohon dengan Luka Tembak, Sepasang Orangutan Ditemukan dalam Kondisi Memprihatinkan

Uang sebanyak itu tentu akan diterima dengan tangan terbuka.

Apalagi, satu-satunya negeri Amerika Selatan yang berbahasa Inggris ini memiliki tingkat pengangguran dan kemiskinan yang tinggi.

Namun, Guyana harus belajar dari sejarah.