Find Us On Social Media :

Ternyata Sabun Muka Untuk Pria dan Wanita Memiliki Perbedaan loh!

By Fahrisa Surya, Minggu, 11 Februari 2018 | 16:05 WIB

Sabun Muka Untuk Pria dan Wanita Memiliki Perbedaan loh | zo-skinhealth.co.uk

Grid.ID - Terkadang kita dibuat penasaran akan hal ini, mengapa pria memiliki perawatan yang berbeda, terutama soal sabun muka?

Bukankah fungsinya sama-sama membersihkan dari kotoran dan minyak?

Jawabannya sebenarnya sangat simpel, yaitu karena kulit pria dan wanita berbeda.

Stimulasi androgen (testosteron) pada pria menyebabkan peningkatan ketebalan kulit sebanyak 25% lebih tebal dibandingkan dengan wanita. Selain itu, tekstur kulit pria juga lebih keras.

(BACA: 5 Cara Mudah Agar Bibirmu Terlihat Seksi dan Tebal Hanya dengan Makeup!)

Perbedaan lain juga terdapat pada tingkat dan produksi minyak pada kulit wajah pria. 

Setelah pubertas, produksi sebum (minyak) pada pria akan lebih banyak dari wanita, hal tersebut berkaitan dengan sekresi androgen pada pria.

Dr Anjali Mahto, konsultan dermatolog di Cadogan Cosmetics, menerangkan bahwa pria juga lebih banyak memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak, sehingga kulit menjadi lebih berminyak.

Selain itu, pria memiliki kepadatan kolagen yang lebih tinggi dibandingkan wanita. Karena kandungan kolagen secara langsung berhubungan dengan tanda-tanda penuaan kulit, maka dapat dikatakan bahwa kulit wanita lebih tua 15 tahun dibandingkan pria.

Namun, kebanyakan pria kurang peduli terhadap sinar ultraviolet, sehingga perbedaan 15 tahun pada kulit pun tidak terlihat karena rusaknya kulit akibat akibat sinar UV.

(BACA: 4 Tips Kecantikan Untuk Menarik Perhatian Si Dia di Hari Valentine Nanti, yuk Intip )

Sabun muka untuk pria