Find Us On Social Media :

Tak Banyak yang Tahu, Najwa Shihab Ternyata Miliki 10 Fragmen DNA dari Nenek Moyang yang Berbeda!

By Novia, Rabu, 16 Oktober 2019 | 09:50 WIB

Tak Banyak yang Tahu, Najwa Shihab Ternyata Miliki 10 Fragmen DNA dari Nenek Moyang yang Berbeda!

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Najwa Shihab, jurnalis senior serta tuan rumah dalam program televisi Mata Najwa itu ternyata memiliki keunikan yang belum diketahui banyak orang.

Keunikan Najwa Shihab ini terungkap dari hasil penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh Majalah Sejarah daring Historia.

Melansir dari Kompas.com pada Rabu (16/10/2019), Najwa dinyatakan memiliki sepuluh fragmen DNA dari sepuluh leluhur yang berbeda.

Baca Juga: Cuitin Hanum Rais Soal Penusukan Wiranto Membuat Dosen UGM Merasa Malu

Menurut hasil penelitian tersebut, Najwa Shihab memiliki fragmen DNA dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa, diaspora Asia, diaspora Afrika dan diaspora Eropa.

Susunan DNA tersebut di antaranya Asia Selatan sebesar 48,54 persen, Afrika Utara 26,81 persen, Afrika 6,06 persen, Asia Timur 4,19 persen, diaspora Afrika 4,15 persen, Timur Tengah 3,48 persen, Eropa Selatan 2,20 persen, Eropa Utara 1,91 persen, dan diaspora Asia 1,43 persen.

"Najwa Shihab kita tahu dia anak dari Pak Quraish Shihab yang merupakan keturunan Arab," ucap Prof Herawati Sudoyo, ahli genetika dari Lembaga Eijkman yang terlibat dalam penelitian Asal Usul Orang Indonesia (ASOI) di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Baca Juga: Walau Terkenal Sebagai Jurnalis Pemberani, Najwa Shihab Nyaris Tak Bisa Tahan Tangis Saat Sang Ayah Katakan Ini

"Tetapi ternyata setelah diteliti, ia punya 10 DNA dari berbagai leluhur," lanjutnya.

"Najwa Shihab pun menjadi relawan dengan fragmen DNA terbanyak dalam penelitian ini," ujar Herawati lagi.

Najwa Shihab juga merupakan satu dari 15 relawan yang hasil tes DNA mereka dipamerkan dalam acara tersebut.