Find Us On Social Media :

Bukan Dibuang, Oli Bekas Ternyata Dikumpulkan karena Punya Banyak Manfaat

By None, Minggu, 20 Oktober 2019 | 16:10 WIB

Bukan Dibuang, Oli Bekas Ternyata Dikumpulkan karena Punya Banyak Manfaat

Grid.ID - Tahu tidak bila oli bekas yang ada di bengkel ternyata tidak dibuang, tapi dikumpulkan.

Memang oli bekas tidak bisa lagi digunakan pada kendaraan, tapi ternyata masih banyak manfaat dari cairan berwarna hitam ini.

Selama ini mungkin kita menganggapnya sebagai limbah tak berguna, padahal oli bekas bisa diolah menjadi hal lain yang bermanfaat.

Baca Juga: Terdengar Kuno, Menteri yang Satu Ini Masih Gunakan SMS untuk Komunikasi

Biasanya saat mengganti oli, para mekanik akan menampung oli bekas ke dalam wadah drum besar.

Meskipun terdengar sepele, ternyata oli bekas ini memiliki banyak manfaat, lho!

Oli bekas selama ini diketahui termasuk ke dalam limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).Nah, kebetulan GridOto.com menemukan salah satu pengepul oli daerah di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Pangkat Anggota TNI Ternyata Bisa Dilihat dari Mobil Dinasnya, Begini Caranya!Menggunakan mobil jenis pickup, pengepul oli bekas itu mendatangi bengkel-bengkel motor untuk membeli oli bekas.

GridOto pun bertanya untuk apakah oli bekas yang dikumpulkan itu."Biasanya digunakan untuk bahan campuran aspal, buat proyek-proyek jalanan," ucap Slamet, pengepul oli bekas kepada GridOto.com.

Namun, ternyata tidak semua oli bekas dijadikan untuk bahan campuran aspal.

Baca Juga: Berbahaya, Jangan Pernah Tinggalkan 5 Barang ini di Dalam Mobil, Mulai dari Botol Plastik Hingga Lipstik!

Seperti di wilayah Sawangan, Pasir Putih dan Sasak Panjang, Bogor, Jawa Barat oli bekas malah digunakan sebagai bahan bakar."Kalau kami buat bahan bakar kompor tungku untuk memantangkan macam-macam. Bisa mematangkan batu bata, kapur bahkan buat aspal, banyak deh," tambahnya di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Harga oli bekas pun termasuk murah lho!