Find Us On Social Media :

Dilanda Cuaca Panas, 3 Daerah ini Tercatat Punya Suhu Tertinggi di Indonesia

By None, Sabtu, 26 Oktober 2019 | 08:27 WIB

Dilanda Cuaca Panas, 3 Daerah ini Tercatat Punya Suhu Tertinggi di Indonesia

Grid.ID - Meski sudah memasuki bulan Oktober, Indonesia kini tengah dilanda cuaca panas.

Bahkan menurut pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geologi ( BMKG) suhu udara maksimum dapat mencapai 37 C sejak 19 Oktober.

Di Indonesia ada beberapa daerah yang mencetak rekor suhu tertinggi!

Baca Juga: Diisukan Selingkuh Lagi, Krisdayanti Bantah Hal Tersebut!

Disampaikan oleh Deputi Bidang Klimatologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo pada 20 Oktober 2019, terdapat tiga stasiun pengamatan BMKG di Sulawesi yang mencatat suhu maksimum tertinggi di Indonesia.

Mereka adalah Stasiun Meteorologi Hasanuddin (Makassar) pada 38,8 derajat celsius, diikuti Stasiun Klimatologi Maros 38,3 derajat celsius, dan Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera 37,8 celsius.

“Suhu tersebut merupakan catatan suhu tertinggi dalam satu tahun terakhir di mana pada periode Oktober 2018 tercatat suhu maksimum mencapai 37 derajat celsius,” kata Mulyono di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Sementara stasiun-stasiun meteorologi yang berada di Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara mencatatkan suhu udara maksimum terukur berkisar 35-36,5 derajat celsius pada periode 19-20 Oktober 2019.

Baca Juga: Hobi Belanjanya Tak Pernah Diprotes Raffi Ahmad, Nagita Slavina: Dia Gak Tahu Kalau Aku Belanja!

Berdasarkan persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan Khatulistiwa, cuaca panas ini erat kaitannya dengan gerak semu matahari.

"Seperti yang kita ketahui pada September, matahari berada di sekitar wilayah Khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan bumi selatan hingga Desember," tuturnya.

Maka, pada Oktober ini posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan (Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya).