Find Us On Social Media :

Perempuan Punya Power Atur Uang, Seminar Kolaborasi Allianz dan Nova untuk Ajarkan Pengelolaan Keuangan Keluarga

By Ulfa Lutfia Hidayati, Selasa, 29 Oktober 2019 | 14:39 WIB

Perempuan Punya Power Atur Uang, Seminar Kolaborasi Allianz dan Nova untuk Ajarkan Pengelolaan Keuangan Keluarga bagi Wanita

Grid.ID - Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan NOVA menyelenggarakan acara Perempuan Punya Power Atur Uang yang dilaksanakan di Wisma Syahida Inn, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan.

Acara Perempuan Punya Power Atur Uang dibuat untuk memberikan ilmu bagi para perempuan terutama ibu rumah tangga bagaimana cara terbaik mengatur keuangan keluarga.

"Harapan kita, wanita Indonesia, ibu-ibu rumah tangga bisa lebih punya pengetahuan soal pengelolaan uang sehingga bisa menjadikan keluarga lebih sehat secara finansial," ungkap Arini Bachtiar Head of Corporate Events and CSR Allianz Indonesia saat ditemui Grid.ID pada Selasa (29/10/2019).

Baca Juga: Sudah Feeling Anaknya Sakit Kuning Sejak Lahir, Kartika Putri Nangis Histeris saat Bayinya Dicek Darah

Meta Lakhsmi selaku Perencana Keuangan Allianz Indonesia menyebut ada beberapa tahapan penting dalam pengelolaan uang, yakni membuat tujuan, mengevaluasi kondisi keuangan saat ini, membuat rencana, dan mengimplementasikannya.

Tak cukup sampai di situ, kita juga harus melakukan evaluasi terhadap rencana yang sudah dibuat apakah efektif atau harus ada yang disesuaikan.

"Perencanaan keuangan itu bukan hanya dilakukan sekali, tapi diterapkan secara berkala," papar Meta.

Selain membicarakan soal pengelolaan uang, para peserta juga mendapatkan demo cara meminimalisasi sampah yang dibagikan langsung oleh Britania Sari, praktisi gaya hidup minim sampah.

Baca Juga: Perempuan Punya Power untuk Atur Keuangan? Buktikan Sendiri dengan Cara Ini

Salah satunya dengan menerapkan rumah minim sampah yang bisa didapatkan dengan mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang sampah dapur menjadi pupuk, hingga memilah sampah untuk disetorkan ke bank sampah.

Tak sampai di situ, uang dari sampah yang  ditukarkan juga bisa digunakan untuk membeli asuransi jiwa.

Pasalnya, kini Allianz bekerja sama dengan bank sampah membuat program 'Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu'.