Find Us On Social Media :

Tak Hanya Lezat, Yoghurt Juga Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

By Atikah Ishmah W, Selasa, 27 Februari 2018 | 11:56 WIB

Yoghurt

Grid.ID - Yoghurt dikenal sebagai salah satu kudapan yang sering dijadikan camilan.

Selain sehat, yoghurt juga memiliki banyak manfaat.

Riset baru menunjukan bahwa produk makanan fermentasi ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita yang memiliki tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah riset baru yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, para peneliti menemukan bukti bahwa konsumsi yogurt yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler pada penderita hipertensi.

(BACA: Panas-Panas Paling Enak Bikin Frozen Blackberry Yoghurt Nih!)

Riset ini melibatkan 55.000 wanita berusia antara 30-55 tahun, dan 18.000 pria berusia antara 40-75 tahun dengan tekanan darah tinggi.

Riset yang dipimpin oleh Justin Buendia dari Boston University School of Medicine di Massachusetts, Amerika Serikat, menemukan asupan yogurt yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 30 persen pada wanita, dan 19 persen pada pria.

Pria dan wanita yang mengonsumsi lebih dari dua porsi yogurt dalam seminggu juga memiliki kemungkinan 20 persen lebih rendah menderita penyakit jantung koroner atau stroke.

Para periset mengatakan, asupan yogurt yang lebih tinggi dikombinasikan dengan diet sehat jantung dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih besar pada pria dan wanita yang menderita tekanan darah tinggi.

(BACA: Red Berry Granola Yoghurt, Makanan yang Bakal Segarkan Tubuhmu di Cuaca Terik!)

"Pria dan wanita hipertensi yang mengkonsumsi setidaknya dua porsi yogurt setiap minggu minggu, terutama dalam konteks diet sehat, berisiko lebih rendah untuk mengalami penyakit kardiovaskuler," ucap Justin Buendia.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan positif antara produk susu dan kesehatan kardiovaskular.