Find Us On Social Media :

Kisah Craig Lewis, Orang Pertama di Dunia yang Hidup Tanpa Jantung karena Mengidap Penyakit Langka

By None, Rabu, 13 November 2019 | 12:59 WIB

Kisah Craig Lewis, Orang Pertama di Dunia yang Hidup Tanpa Jantung karena Mengidap Penyakit Langka

Grid.ID - Sebagai salah satu alat vital yang punya fungsi penting bagi tubuh, kesehatan jantung memang wajib untuk dijaga.

Kerusakan pada jantung bisa berakibat fatal, bahkan berujung kematian.

Kisah unik terjadi pada Craig Lewis, orang pertama yang hidup tanpa memiliki jantung karena penyakit kronis yang ia derita.

Baca Juga: Ngeri, Lakukan Terapi Bekam Hingga Ketiduran Kulit Wanita ini Malah Melepuh dan Pembuluh Darahnya Pecah

Diketahui saat itu kondisi Craig Lewis sangatlah memprihatinkan, bahkan alat pacu jantung pun disebut tidak bisa menyelamatkan hidupnya.

Sejumlah dokter dan ahli penyakit jantung pun membuat terobosan yang revolusioner, dimana mereka menciptakan sebuah alat yang bernama pompa aliran kontinu.

Alat inilah yang menggantikan peran jantung menyuplai darah ke seluruh tubuh. Perangkat ini bekerja dengan baling-baling yang berfungsi untuk memompa darah terus menerus di seluruh tubuh.

Sebelum diterapkan pada Craig Lewis alat ini telah di uji coba pada 55 anak sapi.

Hasilnya, setelah dipasang pada sapi-sapi percobaan tersebut ternyata mereka dapat berprilaku normal seperti biasa, meski hidup tanpa jantung.

Baca Juga: Penampakan Rumah Dinas Tantowi Yahya Usai Jadi Dubes RI, Mewah dan Miliki Pemandangan Selandia Baru yang Super Indah

Melihat kembali kondisi awal Craig Lewis memang sangat mengkawatirkan, dimana ia divonis mengidap penyakit amiloidosis yang sudah parah.

Dikutip dari Mayo Clinic amiloidosis merupakan penyakit langka yang dapat mempengaruhi berbagai organ dan menyebabkan gagal organ yang mematikan.