Find Us On Social Media :

Geger Pohon di Kuburan Depok Ditumbuhi Rambut, Ini Pendapat Ahli

By Aditya Prasanda, Selasa, 6 Maret 2018 | 15:15 WIB

Pohon ditumbuhi rambut di Makam Parung Tengah, RT 003 RW 003, Duren Mekar, Bojongsari, Depok, Selasa (27/2/2018) (KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA)

Grid.ID - Pohon yang disebut “Gerowak” oleh warga ini memiliki tinggi tiga meter dan ditumbuhi rambut yang panjangnya rata-rata 3 sentimeter. 

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, rambut pada pohon yang tumbuh di Permakaman Parung Tengah RT 003 RW 003 Duren Mekar, Bojongsari, Depok ini terasa halus, meskipun ada beberapa yang seperti sapu ijuk.

Didik Widyatmoko selaku Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI melihat foto Gerowak berambut yang dikirimkan Kompas.com melalui pesan singkat pada hari Selasa (27/2/2018). 

Dia tidak bisa memastikan kelainan tersebut, namun Didik menambahkan bahwa rambut bisa disebabkan oleh Fungus atau Rhizomorphs.

Kematian Davide Astori: Unggahan Terakhir Sang Istri, dan Derai Air Mata di Italia

Menurut dia, pohon perlu diambil sampel rambutnya bersama kayu atau kulit kayunya untuk dikirimkan ke Kebun Raya Bogor.

Setelah itu, rambut pada pohon bisa diteliti lebih lanjut dan diidentifikasi.

Sementara itu, peneliti botani Dr. Ary Prihardhyanto Keim, M.Sc. dari Pusat Penelitian Biologi, Bidang Botani, Taksonomi, LIPI menduga bahwa pohon tersebut adalah Walisongo atau Schefflera grandiflora yang termasuk dalam suku Araliaceae.

“Saya kerap lihat itu (rambut) pada jenis yang lain di Papua, Schefflera lucida, saat menjabat Kepala Kebun Biologi Wamena 2009-2011,” ujarnya. 

Selain itu, rambut pada batang atau stem hair juga telah diamati pada tanaman hias Schefflera actinophylla.

Kisah Mengerikan di Balik Kematian Sridevi: Sejumlah Artis Ungkap Kekejaman Industri Bollywood!

Ary mengatakan, struktur bagian luar atau morfologi yang tampak seperti rambut itu sebenarnya bukan rambut sebagaimana yang ada pada manusia atau mamalia lainnya.