Find Us On Social Media :

Pengamat Dukung Wacana Nadiem Makarim Hapus UN, Jusuf Kalla Justru Pernah Menyebut Bahwa Penghapusan Ujian Nasional Bakal Berbahaya Bagi Pendidikan!

By Nopsi Marga, Senin, 2 Desember 2019 | 15:06 WIB

Pro-kontra penghapusan Ujian Nasional

Grid.ID - Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN), beberapa waktu dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbub) Nadiem Makariem.

Nadiem Makarim menegaskan wacana penghapusan UN baru akan direalisasikan setelah tahun 2020.

Tak ingin para pelajar, terutama yang telah belajar resah, Nadiem Makariem memastikan UN pada tahun 2020 akan tetap dilaksanakan.

Melansir laman Kompas.com, Nadiem juga mengungkapkan bahwa wacana penghapusan UN tengah dikaji, dievaluasi dan dilakukan penilaian.

Baca Juga: Buat Pidato di Hari Guru Nasional, Mendikbud Nadiem Makarim: Saya Ketakutan!

"Yang sudah pasti 2020 kan masih akan jalan UN. Itu kan sudah kami umumkan, biar tenang bagi yang sudah belajar dan sebagainya," ujar Nadiem di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11/2019), sebagaimana dikutip Grid.ID dari laman Kompas.com.

"Kan masih dikaji. Baru minggu lalu kan. Ya kita bertahap assessment. Tahap mengevaluasi, jadi ya belum siap," lanjutnya.

Wacana tersebut bergulir saat rapat bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Staf Khusus Mendikbud, dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Nadiem mengungkapkan bahwa Kemendikbud saat ini tengah berusaha menciptakan kesinambungan antara sistem pendidikan dan dunia industri.

Baca Juga: Peringati Hari Dongeng Nasional, Franka Nadiem Makarim Mendongeng untuk Anak Sekolah Dasar