Find Us On Social Media :

Viral, Beredar Video Perempuan di Sumba Dibawa Sejumlah Pria, Diduga Kawin Tangkap!

By Fidiah Nuzul Aini, Selasa, 10 Desember 2019 | 10:01 WIB

Viral! Video Perempuan di Sumba Dibawa Beberapa Pria Diduga Kawin Tangkap

Laporan Wartawan Grid.ID, Fidiah Nuzul Aini

Grid.ID - Sebuah video menampilkan segerombolan pria sedang memboyong perempuan secara mendadak di depan rumah beredar di media sosial.

Dikutip Grid.ID dari akun Twitter @RallyTsog pada Jumat (6/12/2019), dalam video berdurasi 30 detik itu, perempuan tersebut dipaksa untuk menuruti sekelompok warga ke tempat yang diduga calon suami.

Selain itu, video juga dilengkapi narasi yang menyebut bahwa tindakan itu merupakan salah satu praktik kebudayaan Kawin Tangkap di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Dikabarkan Bulan Madu di Pulau Sumba NTT, Jennifer Lawrence dan Cooke Maroney Sewa Vila Termahal Seharga Ratusan Juta Per Malam!

"Twitter please do your magic! Ini salah satu praktik kebudayaan di Sumba hari ini. Orang-orang biasayanya menyebut sebagai kawin tangkap. Seorang perempuan ditangkap dan dibawa oleh beberapa pria dewasa untuk dijadikan istri tanpa ada persetujuan si perempuan," tulis pihak pengunggah video, Rally Tsog, @RallyTsog dalam twitnya.

Hingga kini unggahan tersebut telah mendapatkan repon tinggi.

Dikutip Grid.ID dari Kompas.com Minggu (8/12/2019), atas viralnya video tersebut, Pemerhati Budaya Sumba, Pater Roberst Ramone CSsR mengonfirmasi kejadian itu memang benar terjadi di Sumba, NTT.

Baca Juga: Penampilan Anggun Ibu Iriana Jokowi Kenakan Busana Tenun Khas Sumba yang Curi Perhatian

"Tepat tanggal 6 Demeber kurang lebih, 06.30 WITA pria datang ke kos bersama keluarga dan membawa wanita (M) itu," ujar Pater.

Sementara, Pater mengisahkan bahwa M tersebut telah hidup bersama dengan seorang pria (W) selama setahun di rumah kos.

"Sudah proses adat dan hampir selesai, namun dalam perjalanan hubungan ada problem (mau pisah)," ujar Pater.