Find Us On Social Media :

Presiden Jokowi Minta Pertamina Kurangi Impor Migas dan Segera Selesaikan Rencana, Ahok: Saya Yakin Bisa Membawa Pertamina Jadi Perusahaan Kelas Dunia!

By Novia, Rabu, 11 Desember 2019 | 17:26 WIB

Presiden Jokowi Minta Pertamina Turunkan Impor Migas dan Segera Selesaikan Rencana, Ahok: Saya Yakin Bisa Membawa Pertamina Jadi Perusahaan Kelas Dunia!

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Sejak resmi menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama diminta untuk terus meningkatkan perbaikan.

Salah satunya, Presiden Joko Widodo meminta agar Pertamina menurunkan impor minyak dan gas.

Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Dirut PT Pertamina, Nicke Widyawati dan Komisaris Utama Pertamina, Ahok, di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (9/12/2019), dikutip Grid.ID dari Tribunbisnis.

Baca Juga: Dulu Jadi Musuh Abadi dan Selalu Menentang Kebijakan Ahok, Kini Politikus Asal Tanah Abang Ini Blak-blakan Beri Dukungan Buat Komisaris Utama Pertamina Itu. Kenapa Dia Berbalik Arah?

Menurut Presiden Joko Widodo, impor migas harus dikurangi untuk menyelesaikan masalah defisit neraca perdagangan.

"Saya ingin urusan yang berkaitan dengan defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, kita bisa turunkan kalau impor migas bisa dikendalikan dengan baik," terangnya.

Tak hanya masalah migas, Jokowi juga mengungkapkan agar Ahok dan Nicke segera mengawali program biodiesel 30 atau B30 sebagai bahan campuran BBM dan solar, pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Panggil Ahok dan Dirut Pertamina ke Istana, Begini Pesan-pesan Jokowi yang Harus Segera Dituntaskan Manajemen Pertamina. Apakah Pemberantasan Mafia Migas Jadi Agenda Utama?

"Penggunaan B30 yang dimulai Januari awal juga agar betul-betul dilaksanakan dan dikawal, sehingga bisa menurunkan impor minyak," ungkapnya.

Dalam rapat tersebut Jokowi juga meminta pihak Pertamina dapat meningkatkan produksi minyak nasional.

"Juga pembangunan kilang minyak, harus, sudah 34 tahun enggak bisa bangun, kebangetan. Saya suruh kawal betul dan ikuti terus progresnya," tambahnya.