Find Us On Social Media :

6 Destinasi Wajib Ketika Belibur ke Pulau Belitung, Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi

By Alfa Pratama, Minggu, 18 Maret 2018 | 19:23 WIB

Pemandangan dari mercu suar di Pulau Lengkuas, Belitung. (Manggalani Ukirsari/NGI)

Laporan Wartawan Grid.ID, Anggerhana Denni

Grid.ID – Masih ingat dengan Film Laskar Pelangi?

Film yang digarap oleh sutradara Riri Riza dan dirilis pada 26 September 2008 berhasil meraih 4,6 juta penonton.

Meskipun hampir satu dekade berlalu, cerita tentang Ikal bersama kawan-kawannya masih terus ada di dalam ingatan bagi siapa saja yang pernah menontonnya.

Sesuai cerita yang ada di dalam novel Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata, pengambilan gambar dilakukan di Belitung.

Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. 

(5 Foto Cantiknya Sonia Fergina Citra, Gadis Bangka Belitung yang Berhasil Raih Mahkota Putri Indonesia 2018)

Pulau Belitung yang terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar merupakan salah satu pulau eksotis yang dimiliki oleh Indonesia.

Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi disana.

Berdasarkan pantauan Grid.ID, inilah 6 tempat yang wajib kamu dikunjungi jika berlibur sekalian nostalgia film Laskar Pelangi di Belitung.

1. SD Mohammadiyah Gantong

Berada di Kabupaten Belitung Timur, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari bandara Tanjung Pandan untuk bisa sampai di SD yang dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi.