Find Us On Social Media :

Catat dan Jangan Sampai Ketinggalan! Ini 25 Kota di Indonesia yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember Mendatang, Salah Satunya Kotamu?

By Arif Budhi Suryanto, Senin, 23 Desember 2019 | 07:39 WIB

Catat dan Jangan Sampai Ketinggalan! Ini 25 Kota di Indonesia yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember Mendatang, Salah Satunya Kotamu?

Laporan Wartawan Grid.ID, Arif Budhi Suryanto

Grid.ID - Pada 26 Desember 2019 mendatang Indonesia akan kebagian salah satu fenomena alam berupa gerhana matahari cincin.

Fenomena alam yang terjadi setiap 1- 2 tahun sekali ini terbentuk ketika matahari, bulan, dan bumi berada tepat segaris.

Namun, tidak sebagian wilayah di Bumi akan selalu dapat menikmati keindahan fenomena alam langka ini.

Baca Juga: Di Momentum Hari Ibu, Megawati Tegaskan Peran Strategis Perempuan untuk Membangun Indonesia

Melansir dari Bangkapos, setelah tanggal (26/12/2019), Indonesia sendiri baru dapat menyaksikan kembali gerhana matahari cincin setidaknya 2025 mendatang.

Jadi, gerhana cincin yang akan menghiasi langit Indonesia pada Kamis (26/12/2019) tentunya tidak boleh dilewatkan, dong.

Tapi kira-kira tempat atau lokasi manakah yang dapat melihat fenomena alam ini dengan jelas?

Baca Juga: Hampir Saja Jadi Janda Lantaran Raffi Ahmad Nekat Lakukan Ini, Nagita Slavina Malah Blak-blakan Bilang Begini Waktu Ketemu Laki-laki Ganteng di Swiss

Melansir dari Kompas.com, Kepala Biro Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Akhmad Taufan Maulana telah memberitahu 25 kota yang akan dilewati gerhana matahari cincin.

Adapun ke 25 kota di Indonesia itu adalah

SinabangSingkilSibolgaPandanTarutungPadang SidempuanSipirokGunung TuaSibuhuanPasir PengaraianDumaiBengkalisSiak Sri IndrapuraSelat PanjangTanjung PinangTanjung Balai KarimunBatamBandan Seri BentanMempawahSingkawangSambasBengkayangPutussibauTanjungselorTanjungredep