Find Us On Social Media :

Jalan-Jalan ke Makasar Cobain Pisang Epe dengan Toping Gula Merah Rasa Durian Sambil Menikmati Senja di Pantai Losari

By Rich, Kamis, 22 Maret 2018 | 19:11 WIB

Pisang Epe dengan gula merah rasa durian

Grid.ID - Sepanjang tepian Pantai Losari, di sekitar Jalan Penghiburan, Makassar, Sulawesi Selatan ada deretan kios yang menjajakan pisang epe.

Masing-masing kios menyediakan kursi-kursi plastik beserta meja-mejanya bagi pengunjung yang ingin menikmati senja di pinggir pantai sambil menyantap pisang epe.

Tergiring rasa penasaran, setelah menyusuri pinggiran pantai, Kompas.com lalu berhenti di salah satu kios. Kios tersebut tepatnya milik Surya Wintery (55).

Sudah sekitar lima belas tahun, pria asal Makassar yang pernah merantau ke Yogyakarta ini menjajakan pisang epe.

Surya bercerita bahwa mulanya kios-kios pisang epe di sepanjang Pantai Losari ini berjualan di depan Kantor Walikota Makassar.

Sekilas pisang epe mirip dengan pisang planet yang biasanya dijual di Kampung Semawis di Semarang tiap malam pada akhir pekan.

Rupanya, perbedaan dua ragam olahan pisang yang dipipihkan ini terletak pada taburan di atasnya.

Pisang planet Semarang ditaburi bubuk gula halus di atasnya. Sementara, pisang epe disiram dengan gula merah yang dicairkan, untuk varian rasa original.

Kini, pisang epe biasa disajikan dengan parutan coklat, keju, atau tambahan buah durian.

“Pisangnya dari jenis kepok lalu diberi guyuran lelehan gula merah. Kalau dulu biasanya dikasih parutan kelapa,” ujar Surya pada Minggu (19/3/2018).

Pengunjung bisa memilih salah satu topping tersebut atau memadukan di antara topping tersebut.

Menurut Surya, topping durian termasuk yang diburu pengunjung. Pasalnya, pengunjung mendapatkan rasa asli dari buah durian langsung, bukan dari perasa makanan.