Find Us On Social Media :

Beredar Hoaks Gempa dan Tsunami Dahsyat di Malam Perayaan Tahun Baru 2020, Jangan Terhasut! Ini Prakiraan Cuaca dari BMKG yang Resmi

By Tribun Style, Selasa, 31 Desember 2019 | 09:48 WIB

Ilustrasi tsunami

GRID.ID - Sebagian kalangan masyarakat resah karena tersebar viral bakal terjadinya gempa dahsyat dan tsunami besar di malam tahun baru 2020, khususnya pada Selasa 31 Desember 2019 malam.

BMKG menegaskan, info tsunami besar dan gempa dahsyat di malam tahun baru 2020 adalah hoaks alias kabar sampah yang sengaja diviralkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk membuat keresahan.

BMKG lantas merilis prakiraan cuaca yang resmi di 33 kota besar Indonesia di malam tahun baru 2020.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), Dwikorita Karnawati, mengatakan saat ini beredar informasi hoaks perihal kejadian tsunami dan gempa bumi dahsyat yang akan terjadi di akhir tahun.

Dirinya meminta masyarakat selalu memantau informasi dari sumber resmi untuk mengantisipasi persebaran hoaks tersebut.

"Hoaks yang saat ini sudah beredar itu soal kejadian tsunami dan gempa bumi yang akan terjadi di akhir tahun," Dwikorita di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Senin (30/12/2019).

"Jadi yang kami mohon adalah setiap menerima berita apapun, soal gempa dan tsunami, cek saja di BMKG." 

Prakiraan cuaca wilayah Indonesia (InfoBMKG)

Hoaks selalu mengatasnamakan BMKG

Meski demikian, dia tidak menampik jika informasi hoaks soal bencana kerap kali mengatasnamakan BMKG.

Namun, Dwikorita tetap menegaskan bahwa jika BMKG tidak mengeluarkan informasi secara resmi soal bencana, dipastikan isu yang beredar adalah hoaks