Find Us On Social Media :

China Terang-terangan Masuk dan Kawal Kapal Pencurian Ikan Ilegal di Indonesia, Laut Natuna Ternyata Simpan Harta Karun Kekayaan yang Mengiurkan dan Membelalakan Mata Negara Asing yang Nekat Tembus Wilayah RI

By Siti Maesaroh, Minggu, 5 Januari 2020 | 18:48 WIB

Simpan harta karun menggiurkan, Natuna menarik perhatian China hingga kawal kapal nelayannya masuk wilayah Indonesia untuk menangkap ikan secara ilegal.

Laporan Wartawan Grid.ID, Siti Maesaroh

Grid.ID - Insiden masuknya kapal-kapal nelayan asal China yang dikawal coast guard ke Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) ke Natuna secara ilegal berbuntut panjang.

Akibat dari aksi tersebut, hubungan antara Indonesia dengan China menjadi panas dingin.

Melansir dari Kompas.com, coast guard negara tersebut bahkan terang-terangan masuk dan mengawal kapal-kapal nelayannya untuk melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

Baca Juga: Semasa Menjabat Tak Ada Kapal Asing Yang Berani 'Recoki' Wilayah Indonesia, Susi Pudjiastuti Sindir Telak Kapal Tiongkok yang Masuk ke Laut Natuna: Persahabatan Antarnegara Tak Boleh Melindungi Pelaku Pencurian Ikan!

Parahnya China justru mengklaim tindakannya tersebut tidak melanggar kedaulatan Indonesia.

Hal tersebut didasarkan dari nine dash line atau garis putus-putus yang dibuat sepihak oleh China tanpa melalui konvensi hukum laut di bawah PBB atau atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS).

Sontak saja kejadian tersebut membuat kedua negara menjad bersitegang.

Baca Juga: Ini Dia Alasan China Berani Mengobrak - Abrik Laut Natuna, Ada Simpanan Senjata Mengerikan di Pulau - Pulau Ini

Bicara soal Natuna, rupanya mengusik berbagai hal yang membuat orang penasaran.

Usut punya usut, pencurian ikan di Natuna marak dilakukan kapal asing gara-gara potensi sumber daya ikan di Laut Natuna menggiurkan.