Find Us On Social Media :

Probosutedjo Ungkap Kisah Rahasia Pernikahan Kakak Kandungnya, Presiden Soeharto

By Alfa Pratama, Senin, 26 Maret 2018 | 23:04 WIB

Probosutedjo (kiri) dan Presiden kedua RI Soeharto bersama Tien Soeharto (kanan)

Laporan wartawan Grid.ID, Alfa Pratama

Grid.ID - Adik Presiden Republik Indonesia Kedua Soeharto, Probosutedjo, meninggal dunia di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Senin (26/3/2018).

Probosutedjo dan Soeharto adalah kakak beradik yang terlahir dari rahima ibu yang sama, Raden Roro Sukirah.

Meski berbeda ayah, mereka berdua sangat dekat. 

Salah satu kedekatannya adalah Soeharto memberikan tempat tinggal kepada Probosutedjo ketika hijrah dari Sumatera Utara ke Jakarta. 

Kedekatan mereka juga ditunjukan bagaimana Probosutedjo menjadi saksi kisah asmara kakaknya, Soeharto bersama Siti Hartinah atau Tien Soeharto. 

Kisah asmara ini diungkapkan Probosutedjo dalam buku  Memoar Romantika Probosutedjo yang ditulis oleh Alberthiene Endah pada tahun 2010.

(Kisah Perjalanan Kerajaan Bisnis Probosutedjo, Dari Sekolah Hingga Terjerat Kasus Hukum)

Dalam buku ini tertulis bagaimana Probosutedjo melihat kakaknya berencana menikahi Siti Hartinah. 

"Semula mas Harto merasa sungkan karena merasa belum pantas menikah. Tapi Bu Prawirodihardjo mengatakan usia mas Harto sudah mencukupi, 26 tahun. Pangkatnya yang sudah letkol dengan jabatan sebagai komandan resimen merupakan pamor yang sangat dihormati. Selain itu, juga sudah ada rumah yang bagus dan kendaraan," ujar Probosutedjo.

Probosutedjo mengungkapkan kondisi percakapan di rumah jalan Merbabu, antara Bu Prawirohardjo yang menyampaikan bahwa Siti Hartinah, putri Wedana Sumoharyomo bersedia dijodohkan untuk menjadi istri kakaknya, Soeharto. 

(Probosutedjo 20 Tahun Melawan Kanker Tiroid, Fakta Soal Penyakit Tersebut)