Find Us On Social Media :

Ilham Bintang Alami Pembobolan Rekening Bank Setelah SIM Card Dicuri, Modus Baru Kejahatan Perbankan?

By Intisari Online, Selasa, 21 Januari 2020 | 14:33 WIB

SIM Card Dibajak Saat Dirinya Berada di Luar Negeri, Rekening Bank Wartawan Senior Sekaligus 'Raja Gosip' Ini Dikuras Habis Saldonya

Grid.ID - Dilansir dari Kompas TV, Nomor kartu subscriber identity module ( SIM) card Indosat Ooredoo milik wartawan senior Ilham Bintang diganti oleh orang tidak dikenal saat bepergian ke luar negeri.

Nomor SIM card tersebut juga diduga dipakai untuk membobol uang dalam rekening bank milik Ilham Bintang, yang kemudian oleh pelaku ditransfer ke hampir 100 rekening.

Awalnya menurut penuturan Ilham, ia alami gagal sinyal pertama kali pada 4 Januari, dengan sinyal dikabarkan 'SOS'.

Baca Juga: Klaim Bisa Kendalikan Senjata Nuklir, Petinggi Sunda Empire: 'Menyelamatkan Bumi dan Umat Manusia,' Ridwan Kamil Kaitkan dengan Banyak Orang Stres hingga Ciptakan Ilusi, Kok Bisa?

Saat itu ia sedang berada di Australia, dan sebelum ia berangkat ia sudah membeli paket Roaming.

4 Januari tersebut ia masih belum sampai Melbourne, dan kemudian ia akhirnya mengganti nomernya dengan kartu perdana lokal saat sudah sampai Melbourne.

Tanggal 5, ia coba untuk mengakses internet banking dengan WiFi, tetapi saat itu ia tidak dapat mengakses internet banking karena password salah.

Tanggal 6 ia ambil uang di Commonwealth Bank, tetapi gagal karena saldonya sudah habis, segera ia menelepon agen bank di Jakarta.

Ilham alami kesulitan karena ia tidak dapat memblokir rekeningnya karena ia harus menelepon bank, dan ia tidak menggunakan nomor lokal Australia yang sedang ia gunakan.

Akhirnya setelah melewati proses panjang verifikasi akunnya, ia mendapatkan data telah terjadi transaksi transfer ke 98 rekening pada tanggal 6 pagi.

Ia juga tahu jika pelaku menambah rekening menggunakan identitasnya.

Bagaimana bisa?