Find Us On Social Media :

Tips Bisnis Fashion Tetap Eksis dan Sukses Bersaing dari Desainer Barli Asmara

By Ridho Nugroho , Selasa, 3 April 2018 | 18:56 WIB

Barli Asmara yang ditemui Stylo Grid.ID, di acara Wardah Fashion Talkshow

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID – Industri mode tanah air semakin memberi tempat dan peluang emas untuk ‘anaknya’ sendiri.

Hal ini dibuktikan dengan muncul dan suksesnya brand busana lokal yang tak kalah kualitasnya dengan merek lain yang ada di pasaran.

Salah satu desainer yang tetap konsisten menjadi fashionpreneur adalah Barli Asmara, yang kini sukses dengan bisnis modenya termasuk juga di beberapa e-commerce ternama di Indonesia.

(Koleksi Busana Batik Modern Gaya Feminin Glamor Rancangan Batik Berkah by Barli Asmara di Plaza Indonesia Fashion Week 2018)

Diakui oleh Barli memang kini banyak sekali berbagai brand lokal yang sangat berkualitas membuat persaingan di bisnis mode menjadi lebih kuat.

Namun, tentu saja desainer yang lahir di Bandung ini telah mempunyai siasat jitu untuk membuat label busana yang dimilikinya tetap eksis di antara banyaknya saingan di industri mode.

"Yang penting adalah kita harus memiliki visi dan misi yang sama untuk industri fashion, selain itu harus bisa menciptakan fast fashion agar dapat bersaing di pasaran," ungkap Barli Asmara yang ditemui Stylo Grid.ID, di acara Wardah Fashion Talkshow "How to Build Your Own Fashion Brand", Jumat (30/03), di Jakarta Convention Center, Jakarta.

(Mau Punya Busana Rancangan Desainer Barli Asmara dengan Harga Terjangkau? Coba Cara ini deh! )

Barli Asmara juga menjelaskan bahwa maksud fast fashion di sini adalah, setiap fashionpreneur harus bisa menciptakan produk yang selalu mengikuti tren yang ada di pasaran agar tetap dipilih oleh konsumennya baik untuk busana daily, formal, dan nonformal.

Selain itu, bungsu dari tiga bersaudara ini mengaku bahwa model busana yang paling banyak diminati adalah busana ready to wear.

Sehingga kini Barli lebih fokus pada busana ready to wear yang sangat menjanjikan di bisnis fashion, termasuk juga di e-commerce.

(Kolaborasi Artis Produksi Hijab, Ashanty x Jovian atau Zaskia Sungkar x Barli Asmara, Bagus Mana?)

"Dua tahun belakangan ini saya paham banget gimana caranya terjun di retail dengan fokus di ready to wear yang gampang laku di pasaran, karena saat berbisnis kita harus buat baju yang bisa laku di pasaran," katanya.

Tak hanya itu, agar sebuah label dapat terus eksis adalah dengan selalu aktif ikut serta dalam berbagai macam aktivitas fashion besar, seperti bazar juga beberapa tenant yang ada di fashion week.

(Desainer Rani Hatta Hadirkan Koleksi Modest Hijab Gaya Sporty Kasual Bernuansa Militer di Indonesia Fashion Week 2018)

Dan, dengan teknologi yang semakin maju, kamu juga harus terus memasarkan label busanamu di e-commerce agar terus eksis.

"Pasarin juga di e-commerce, karena nggak bisa kita pungkiri bahwa belanja online kini bisa jadi sebuah kebiasaan baru bagi beberapa konsumen kita," saran Barli Asmara. (*)