Find Us On Social Media :

Direndam 3 Hari Pakai Kaporit agar Putih, Karyawan Soun Cap Ayam Tak Berani Makan Hasil Produksi Sendiri

By Arif Budhi Suryanto, Rabu, 22 Januari 2020 | 20:39 WIB

Kapolsek Talang Kelapa Banyuasin Kompol Masnoni saat bertanya kepada seorang karyawan bagian pengemasan di pabrik soun Cap Ayam

Laporan Wartawan Grid.ID, Arif Budhi Suryanto

Grid.ID - Polsek Talang Kelapa Banyuasin menggerebek pabrik soun merk Cap Ayam yang beralamat di Jalan Pangeran Ayin Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pabrik soun Cap Ayam ini digerebek lantaran tidak mengantongi izin produksi dan juga memalsukan izin dagang.

Selain itu, proses pembuatan soun Cap Ayam pun tidak higienis.

Baca Juga: Kepergok Curang dengan Bawa Resep yang Mirip Tantangan di Galery, Peserta Ini Langsung Buat Chef Arnold Naik Pitam dan Usir Dirinya: Saya Pastikan Kamu Pulang!

Diungkapkan mandor pabrik, Toeng, untuk membuat hasil produksi soun menjadi putih maka adonan soun akan dicampur dan direndam dalam penjernih air atau kaporit selama tiga hari.

"Katika adonan sudah jadi, direndam dahulu selama tiga hari pakai air kaporit,"

"Setelah adonan jadi putih, baru nanti diaduk lagi. Untuk diproses menjadi adonan sebelum dijadikan soun," ujar Toeng kepada Kapolsek, seperti yang dikutip Grid.ID dari Tribun Sumsel.

Baca Juga: Curang Main Mobile Legends dan Retas Rp 1,85 Miliar, Gamers Wanita Asal Pontianak Terancam Dipenjara 20 Tahun

Oleh karena prosesnya yang tidak higienis itulah, karyawan pabrik soun Cap Ayam juga tidak berani membawa pulang atau pun menyantapnya.

"Kami tahu, makanya kami tidak berani untuk memakannya apalagi bawa pulang. Karena seperti itu prosesnya," ujar salah satu karyawan, Rohani, seperti yang dikutip Grid.ID dari Sripoku.com.

Rohani juga mengaku, selama empat tahun kerja di pabrik tersebut dirinya mendapatkan upah yang kecil.