Find Us On Social Media :

Kini Terkuak Mengapa Virus Corona Dapat Menyebar Dengan Cepat, Cukup Lewat Indra Ini dan Dokter Pun Sampai Terinfeksi

By Intisari Online, Sabtu, 25 Januari 2020 | 11:29 WIB

Ilustrasi virus corona

Grid.ID- Dunia digegerkan dengan virus Corona baru berasal dari China yang telah menjangkit lebih dari 800 orang dan membunuh 41 warga China, dan masih menyebar ke negara-negara lain.

Kondisi darurat mencuat seiring dengan ketakutan penyebaran epidemi penyakit saat ratusan juta manusia bepergian ke China, atau ke wilayah Asia lain.

Terlebih, saat ini adalah liburan Tahun Baru Imlek.

Jadi apa sebenarnya virus Corona itu?

Virus Corona adalah keluarga besar virus yang termasuk di dalamnya adalah virus patogen penyakit SARS (severe acute respiratory syndrome) dan MERS (Middle East respiratory syndrome).

Gejala umum berupa hidung tersumbat, batuk, radang tenggorokan, dan sakit kepala.

Selanjutnya, untuk mereka yang memiliki sistem imun yang rendah, contohnya anak kecil dan para lansia, risiko virus menjadi penyakit pernapasan lebih besar dari mereka yang imunitasnya tinggi.

Pihak berwenang mengatakan virus Corona Wuhan telah menyebar dari hewan ke manusia, dapat ditularkan antar manusia, dan pada manusia dengan imunitas rendah kasusnya menjadi pneumonia.

Pneumonia dan SARS serta MERS terbilang cukup mirip, bedanya SARS dan MERS tercatat membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang dari virus menjadi penyakit.

Para ahli sedang mencoba memahami bagaimana virus tersebut tetap menyebar dari satu inang hidup ke inang hidup lainnya.

Risiko penyebaran paling besar terjadi di rumah sakit atau tempat publik yang ramai lainnya.

Mengapa demikian? Simak selengkapnya