Find Us On Social Media :

COVID-19 Sudah Menyebar ke Berbagai Negara, Begini Cara Indonesia Bersiap Menghadapi Penyebaran Virus Corona

By None, Jumat, 14 Februari 2020 | 16:40 WIB

Klaim Indonesia Negatif Virus Corona, WHO Indonesia Sudah Bersiap Hadapi Penyebaran COVID-19 dari Wuhan

Grid.ID - Virus Corona yang bemula di Wuhan kini sudah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Dilansir dari Kompas.com, tercatat ada 60.000 orang yang terkonfirmasi kerkena virus corona dengan korban meninggal mencapai 1.600 orang.

Meskipun sudah menyebar ke berbagai negara, hingga Kamis (13/2/2020), Indonesia dinyatakan negatif virus corona atau dikenal juga dengan COVID-19.

World Health Organization (WHO) sempat mempertanyakan mengenai nol kasus virus corona di Indonesia.

Bagaimana pandangan WHO Indonesia?

Baca Juga: Potret Kehidupan Manusia Gua Asal Thailand, Hidup Sederhana Namun Berhasil Pikat Banyak Turis Cantik

Saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/02/2020), WHO Representative, Dr N. Paranietharan mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan dan sejumlah mitra di Indonesia melakukan pemantauan dan mempersiapkan sistem.

Menurut dia, Indonesia telah mengambil langkah konkret untuk bersiap menghadapi penyebaran virus corona Wuhan, yang juga dikenal dengan COVID-19.

“Beberapa kegiatan saat ini sedang berlangsung, dari melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengamatan di pintu masuk di seluruh negeri, memastikan kapasitas laboratorium dan ketersediaan alat tes khusus, hingga melengkapi rumah sakit yang ditunjuk dengan fasilitas yang memadai untuk mengelola orang yang dicurigai dan / atau orang yang terinfeksi,” papar Paranietharan, dilansir Grid.ID dari Kompas.com.

Paranietharan mengatakan, Indonesia saat ini telah memiliki alat tes yang diperlukan untuk melakukan tes khusus untuk mendeteksi infeksi coronavirus (COVID-19) dengan cepat.

Baca Juga: Sudah Kebanjiran Job Sejak Awal Tahun, Joo Ji Hoon Kembali dapat Tawaran Bintangi Film Garapan Produser Along With The Gods!

“Seperti dilaporkan oleh Departemen Kesehatan semua sampel yang dikumpulkan dan diuji telah mengembalikan hasil negative pada 12 Februari 2020,” kata dia.