Find Us On Social Media :

Gempa Megathrust hingga Tsunami 3 Meter Diperkirakan Ancam Sukabumi, BMKG Buka Suara!

By Mia Della Vita, Minggu, 1 Maret 2020 | 19:07 WIB

Gambar ilustrasi tsunami.

Laporan Wartawan Grid.ID, Mia Della Vita

Grid.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis hasil kajian soal gempa dan tsunami, yang berpotensi terjadi di wilayah pesisir Sukabumi, Jawa Barat.

Masyarakat Sukabumi, Jawa Barat diimbau selalu waspada terjadi potensi gempa berkekuatan Magnitudo 8,7.

Potensi gempa berkekuatan Magnitudo 8,7 itu dipicu dari naiknya patahan (sesar) sangat besar (Megathrust) yang berpusat di sepanjang lautan lepas Samudera Hindia.

Baca Juga: Ada 4 WNI Terpapar Virus Corona di Kapal Pesiar, Tak Disangka Ternyata Beginilah Kehidupan Kelam di Dalam Kapal Pesiar, Setiap 1 Minggu Ada Orang Meninggal

Lewat akun Instagram resminya, BMKG memberikan penjelasan terkait potensi zona megathrust yang dapat memicu gempa dan tsunami di Sukabumi.

BMKG menerangkan, wilayah pesisir Sukabumi secara tektonik berhadapan dengan zona megathrust Samudra Hindia, yang merupakan zona subduksi lempeng aktif dengan aktivitas kegempaan yang tinggi.

Menurut catatan sejarah, gempa yang terjadi di wilayah selatan Jawa Barat dan Banten beberapa kali berkekuatan di atas Magnitudo (M) 8.

Sebut saja seperti pada 22 Januari 1780 (M=8.5), 27 Februari 1903 (M=8.1), dan 17 Juli 2006 (M=7.8).

Baca Juga: Dulunya Hanya Tukang Bangunan, Pria Asal Kalimantan Ini Gemparkan Amerika Setelah Menjadi Dewa Judi Hingga Diburu FBI Karena Sepak Terjangnya Berbahaya

Sementara itu, berdasarkan hasil kajian BMKG pada tahun 2011, gempa di zona megathrust selatan Sukabumi bisa mencapai magnitudo 8,7.

Gempa tersebut berpotensi merusak bangunan bahkan tsunami dengan ketinggian di atas tiga meter.