Find Us On Social Media :

Tetap Tenang dari Corona, 4 Hal Sederhana ini Bisa Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

By Devi Agustiana, Selasa, 3 Maret 2020 | 14:26 WIB

Illustrasi kekebalan imun

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID - Pernyataan Presiden Joko Widodo pada Senin, (2/3/2020) tentang dua warga Depok yang positif Corona membuat warga Indonesia cukup panik.

Keduanya diduga tertular dari warga Jepang yang berkunjung ke rumah mereka.

Korban positif corona diketahui yaitu, ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun.

 Baca Juga: Takut Terinfeksi Virus Corona, Deepika Padukone Batal Hadiri Paris Fashion Week

Nah, bagi kamu yang masih sehat dan bugar, beberapa hal sederhana ini bisa kamu lakukan untuk tetap mempertahankan sistem imun dan daya tahan supaya tidak mudah sakit.

1. Olahraga Teratur

Seorang profesor kesehatan dan direktur Human Performance Lab di Appalachian State University bernama David Nieman menyebut salah satu faktor penting untuk sistem imun yang baik adalah olahraga.

"Jika melihat semua faktor gaya hidup yang mengurangi jumlah hari Anda menderita flu, menjadi orang aktif dan bugar adalah paling penting," kata Nieman dikutip dari Time, Kamis (20/12/2018)

Dalam salah satu penelitiannya, Nieman dan tim menemukan bahwa 30 menit jalan cepat bisa meningkatkan sirkulasi sel pembunuh patogen alami, sel darah putih, dan pejuang sistem kekebalan lainnya.

Kata Nieman, dengan berolahraga ringan 30 hingga 60 menit per hari bisa lebih mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan cepat, bersepeda, atau berlari.

 Baca Juga: Denny Cagur dan Istri Sayangkan Banyak Oknum Penimbun Masker di Tengah Wabah Virus Corona