Find Us On Social Media :

Pertama Kali di Indonesia: Content Marketing Award Segera Digelar

By Uda Deddy, Selasa, 10 April 2018 | 12:45 WIB

.

Grid.ID - Para praktisi pemasaran di Indonesia boleh bersenang hati.

Kini ada Indonesia Content Marketing Award. Sebuah ajang untuk mengapresiasi sekaligus mengukur strategi content marketing yang telah dilakukan.   Indonesia Content Marketing Award (ICMA) akan digelar pada Rabu, 11 April 2018.

Dalam acara di Ballroom Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Jakarta, akan diumumkan berbagai brand dan institusi yang dianggap berhasil dalam mempraktikkan strategi content marketing.

Perhelatan ICMA 2018 digelar dalam format bukan hanya penyerahan anugerah semata. Di dalam acara juga disajikan beberapa content marketing insight.     Sebagai pihak penyelenggara, Grid Story Factory dan Grid Voice – agensi content marketing dan influencer marketing di lingkungan Kompas Gramedia – akan menyajikan hasil survei atas audiens dan para marketer.

Beredar Video di Facebook, Motor Matic Tabrak Pintu Kaca Minimarket Hingga Pecah, Libatkan Bocah Cilik

Presentasi akan dibawakan Dani Satrio (Grid Story Factory Head of Strategy) dan Reza Bertiano Maspaitella (Grid Voice Head of Strategy).   Selain itu ada pula dua pembicara tamu. Brittany Bott (Business Development Manager – JAPAC Socialbakers) akan tampil memberikan pencerahan dalam kaitannya dengan upaya pemasaran melalui media sosial.

Juga hadir Dr. Muhammad Faisal M.Si (pendiri Youth Laboratory Indonesia) yang akan memberikan  paparan mendalam tentang pasar Indonesia atas riset generasi yang ia sebut sebagai “Generasi Phi”.   “Melalui ICMA 2018 kami berniat untuk mulai membangun ekosistem industri content marketing di Indonesia. Kami ingin mengajak semua pihak yang terkait dengan industri ini untuk bersama-sama menatanya. Proses ini dilandasi semangat: selain memberi manfaat bagi para pelaku, juga memberi manfaat bagi masyarakat yang lebih luas,” terang Chairman ICMA, Junior Respati Eko Putro.   Kategori dalam ICMA 2018   Intinya ada dua ketegori besar dalam ICMA 2018.  Yang pertama, kategori “The Best Content Marketing Implementation in Industry”.

Lalu yang kedua, berupa “Special Award” untuk optimalisasi penggunaan platform atau saluran distribusi konten.     “The Best Content Marketing Implementation in Industry” adalah penghargaan atas brand yang terlingkup dalam 12 kategori. Mulai dari kategori industri Food, Beverage, Finance sampai Apparel.  Dari 58 brand yang masuk dalam daftar nominasi, akan diumumkan brand terbaik yang berhak menyandang predikat “The Content Marketing Implementation of the Year”.     Sementara untuk “Special Award” penghargaan diberikan atas brand atau institusi yang piawai menjalankan strategi di berbagai saluran distribusi konten.

Di kategori ini ada enam penghargaan. Lima di antaranya meliputi: “The Best Corporate Website”, “The Best Use of Brand Website”, “The Best Use of Facebook”, “The Best Use of Instagram” serta “The Best Use of Youtube”.  

Mawar Putih Jadi Fashion Statement di BRIT Awards 2018, Ternyata Seperti Ini Maknanya...

 Ada 5 brand yang menjadi kandidat di setiap penghargaan di kategori ini, sehingga jumlah nomineenya mencapai 25 brand. 

Sebagian brand yang menjadi calon pemenang di kategori “Special Award”  merupakan brand yang berada di luar berbagai nama yang terjaring di dalam  “The Best Content Marketing Implementation in Industry”.     “Dalam proses seleksi kami melihat cukup banyak brand yang memang sengaja fokus di saluran distribusi konten tertentu. Misalnya, menjalankan strategi di Facebook atau di YouTube saja. Itu sebab banyak nama yang tidak tercantum sebagai kandidat di kategori ‘The Best Content Marketing Implementation in Industry’, tapi menjadi nominee di platform media sosial tertentu,” jelas Eddy Suhardy, ICMA 2018 Head Judge.     “Special Award” juga menyertakan penghargaan keenam, yakni “The Best Inhouse Magazine”.