Find Us On Social Media :

Hati-hati, Sering Memanaskan Nasi Sisa Kemarin Ternyata Berbahaya bagi Tubuh Loh!

By Devi Agustiana, Selasa, 3 Maret 2020 | 19:22 WIB

Ilustrasi nasi sisa

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.IDNasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sebagian masyarakat merasa belum afdol jika belum makan nasi.

Nasi pun menjadi kebutuhan penting untuk menjaga asupan makanan bagi tubuh. Namun, alih-alih bikin sehat, justru akan berbahaya bagi tubuh jika kamu salah mengolah nasi tersebut. 

Salah satu hal yang biasa masyarakat Indonesia lakukan adalah memanaskan nasi sebab kadangkala nasi tidak langsung habis dalam sehari.

Amankah kebiasaan memanaskan nasi?

 Baca Juga: Alih-alih Ingin Sehat, Terlalu Banyak Minum Air Putih Justru Bahaya Loh

Menurut National Health Service (NHS), sebuah layanan kesehatan publik di Inggris, Wales, dan Skotlandia nasi bisa dipanaskan kembali setelah dimasak, tetapi tidak untuk dalam jangka waktu lama.

Jangan menyimpan nasi lebih dari satu hari sebelum memanaskannya kembali. Di samping itu, kita juga tidak boleh memanaskan nasi lebih dari satu kali.

Jika kita mengalami keracunan makanan setelah mengonsumsi nasi yang dipanaskan, kemungkinan ini disebabkan oleh adanya bakteri Bacillus Cereus.

 Baca Juga: Soal Biaya Perawatan Pasien Virus Corona Ditanggung Pemerintah, Humas BPJS Kesehatan Ungkap Persyaratannya!

Memanaskan nasi tidak berarti dapat membunuh bakteri. Jadi, ketika nasi dibiarkan dingin pada suhu kamar, bakteri akan berkembang biak dan berbahaya jika dikonsumsi.

Gejala yang bisa terjadi karena keracunan ini biasanya timbul satu hingga lima jam setelah nasi dikonsumsi.