Find Us On Social Media :

Hindari Mata Mudah Lelah, Begini Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode WhatsApp di Android dan iPhone

By Nurul Nareswari, Kamis, 5 Maret 2020 | 16:39 WIB

WhatsApp Dark Mode

Grid.ID - WhatsApp akhirnya merilis mode gelap alias dark mode bagi pengguna WhatsApp Android maupun IOS.

Tren dark mode belakangan memang sudah dipakai di berbagai aplikasi.

Dalam blog resminya, WhatsApp menyatakan dark mode ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah.

WhatsApp juga menuturkan telah melakukan penelitian dan eksperimen yang fokus pada dua area.

Baca Juga: Ditantang Amerika untuk Luncurkan Roket Sendiri, Indonesia Menjawab Tantangan Tersebut dengan Latihan ini, Kabarnya Bandar Antariksa Indonesia Akan Dibangun di Sini

Pertama adalah soal keterbacaan. Warna yang dipilih adalah warna yang dapat meminimalkan kelelahan mata. Warna gelap di WhatsApp juga disebut mendekati tema gelap yang ada di sistem default Android dan iOS.

Kedua adalah soal hierarki informasi yang akan memudahkan pengguna untuk melihat informasi yang paling mencolok, seperti adanya gelembung notifikasi bewarna hijau terang pada pesan baru.

"Kami melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok," tulis WhatsApp dalam blog resminya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (4/3/2020).

Baca Juga: Saat Dunia Sibuk dengan Virus Corona, Korea Utara Luncurkan Dua Roket Sampai Buat Korea Selatan Gelagapan Meski Mendarat di Perairan ini, Tetapi Segera Lakukan Hal ini

Cara mengaktifkan dark mode atau mode gelap di WhatsApp

Pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat mengaktifkannya di pengaturan sistem.

Pengguna iPhone bisa mengaktifkan mode gelap WhatsApp dengan menuju menu "setting". Kemudian pilih "display & brightness".