Find Us On Social Media :

Orang-orang Panik Beli Masker untuk Lindungi Dari Corona, Kebutuhan Masker Terlalu Banyak Justru Menimbulkan Dampak Buruk Bagi Lingkungan, ini Buktinya

By Intisari Online, Jumat, 6 Maret 2020 | 16:33 WIB

temuan sampah masker di pantai Hong Kong dalam radius 100 meter

Grid.ID - Selama epidemi pneumonia corona baru, banyak orang mengenakan masker untuk mencegah epidemi, tetapi beberapa orang yang tidak memiliki etika membuang masker di mana-mana di dekat jalur gunung atau di hutan.

Gary, kepala OceanAsia, organisasi penelitian ekologi kelautan, mengatakan bahwa ada sejumlah besar sampah pencegahan epidemi dalam beberapa hari terakhir, termasuk penggunaan masker yang tersapu di pantai-pantai Hong Kong.

Hampir 70 jenis masker dapat ditemukan di pantai hanya dalam jarak 100 meter.

Baca Juga: Pimpinan KPK Malaysia Latheefa Koya Mengundurkan Diri Menyusul Mahathir Mohammad, Padahal Penyidikan 1MDB Masih Berlangsung

Tim Gary awalnya melakukan investigasi dan studi tentang sampah laut dan mikroplastik di Kepulauan Somali, barat daya Pulau Lamma, namun, selama periode penelitian, ditemukan bahwa sejumlah besar persediaan anti-epidemi yang dibuang dan sampah tersapu ke pantai.

Banyak masker bedah, bahkan topeng N95.

Gary menunjukkan bahwa epidemi baru-baru ini telah meningkatkan penggunaan masker, dan sampah akan tersapu ke pantai yang berbeda hanya dalam 6 minggu.

Selain menyebabkan masalah pencemaran air, beberapa masker mungkin sudah terinfeksi dengan virus corona COVID-19 yang baru, yang lebih mungkin menyebabkan masalah kesehatan laut.

Halaman Selanjutnya