Find Us On Social Media :

Ribut Soal Puisi Gus Mus: Mengungkap Asal Usul Pengeras Suara di Indonesia

By Aditya Prasanda, Kamis, 12 April 2018 | 14:12 WIB

Ilustrasi masjid dan pengeras suara | Grid.ID

“Kau bilang Tuhan sangat dekat, namun kau sendiri memanggilnya dengan pengeras suara setiap saat.”

Grid.ID - Potongan puisi ulama KH Ahmad Mustofa Bisri yang akrab dikenal Gus Mus itu menuai reaksi keras dari banyak pihak.

Seperti halnya kasus puisi 'Ibu Indonesia' karya Sukmawati Soekarnoputri, potongan puisi Gus Mus mendapat cela dari segelintir orang yang mengganggap potongan puisi itu merendahkan Islam.

Namun berbeda nasib dengan Sukmawati, permasalahan puisi ini terhenti begitu saja ketika si pelapor, Forum Umat Islam Bersatu yang dipimpin Rahmat Himran mengetahui puisi itu milik ulama besar Gus Mus.

Sampai disini, mari kita tanggalkan sejenak syak wasangka buruk mengapa segelintir orang di Indonesia sangat mudah mencap kafir dan menuding seseorang melecehkan agama hanya karena sebuah potongan kalimat multi interpretasi.

Belajar dari Kisah Parinah, TKI yang Dinyatakan Hilang 18 Tahun dan Ditemukan di Inggris, Kenali Ciri Agen TKI Palsu dan Ilegal

Dan mari kita lapangkan dada menepis kecurigaan kita pada cara berpikir segelintir orang yang dengan mudah 'memaafkan' kasus serupa saat tahu si pembuat adalah ulama besar -- meski faktanya puisi Gus Mus memang tidak patut dipermasalahkan.

Menarik untuk menggarisbawahi satu poin yang mendorong Forum Umat Islam Bersatu yang dipimpin Rahmat Himran melaporkan puisi Gus Mus karena menyebut 'Tuhan lebih dekat tapi masih sering dipanggil dengan pengeras suara.' yakni: pengeras suara.

Berikut Grid.ID akan memaparkan sejarah pengeras suara di Indonesia:

Sejarah Pengeras Suara di Indonesia

Orang-orang Indonesia acap mengenal pengeras suara sebagai TOA.

Meski TOA sebenarnya adalah merek dagang perusahaan alat elektronik asal Jepang.