Find Us On Social Media :

4 Curahan Hati Pramugari Tentang Penumpangnya, Bersabar Meski Menjengkelkan

By Alfa Pratama, Jumat, 13 April 2018 | 16:44 WIB

Salah satu tugas pramugari adalah memberikan arahan mengenai keselamatan penerbangan kepada penumpang.

Laporan Wartawan Grid.ID, Andika Thaselia Prahastiwi

Grid.ID - Sebagai kru maskapai penerbangan, pramugari tentu memiliki keluh kesah dalam menjalankan tugasnya.

Interaksi antara pramugari dan penumpang selalu menarik untuk diamati.

Di dalam pesawat, kru kabin termasuk pramugari bertanggung jawab atas keselamatan penumpang.

Meski begitu, ada saja perilaku membahayakan yang dilakukan oleh penumpang saat berada di pesawat.

Terkadang hal itu menyulitkan pramugari dalam bekerja, dan berimbas pada ketepatan waktu pesawat untuk tinggal landas

Interaksi inilah yang menjadi salah satu pemicu keluh kesahnya. 

(Pengen Tetap Cantik Saat Travelling? Intip yuk 5 Rahasia Pramugari)

Selain harus selalu tersenyum dan ramah pada penumpang pesawat, pramugari wajib menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang.

Sebelum terbang, pramugari wajib memberikan instruksi tentang segala hal yang harus dilakukan penumpang dalam kondisi darurat.

Sepanjang perjalanan karir mereka, para pramugari pasti pernah bertemu dengan beragam jenis penumpang yang membuat mereka merasa kesal.

Ingin mendengar curahan hati mereka lainnya?

Inilah 4 hal yang mereka harap kita semua, para penumpang, tahu tentang suka duka pekerjaan mereka menjadi pramugari yang dikutip Grid.ID dari Huffingtonpost.com

1. "Tetaplah berlaku sopan dimanapun kamu berada" 

Berada dalam perjalanan jarak jauh dan merasa lelah bukan berarti kamu harus mengesampingkan tata krama.

Seorang pramugari di sebuah maskapai penerbangan besar di Amerika Serikat, Kelly Kincaid, mengatakan pada Huffington Post bahwa selama karirnya ia sering bertemu dengan penumpang yang tidak mengacuhkan salam atau pertanyaannya.

Selain itu penumpang yang terus memakai headphone dan masa bodoh dengan kondisi sekitar adalah salah satu kelakuan penumpang yang paling menyebalkan.

Bagi Kincaid, senyum dan respon penumpang ketika ditanya saja sudah cukup membuatnya bahagia sepanjang menjalankan tugas.

(Power Bank Meledak di Pesawat, Semua Panik, Namun Pramugari Ini Begitu Berani Memadamkan Api!)

2. "Jagalah kebersihan" 

Setiap orang harusnya tahu bahwa pesawat terbang bukanlah tempat yang higienis.

Begitu pula dengan Jay Robert, pramugara yang juga berprofesi sebagai blogger.

Robert berharap bahwa semua penumpang bisa menjaga kebersihan minimal dengan membuang sampah di tempat yang sudah tersedia.

Setidaknya, penumpang mandi dan memakai parfum sebelum melakukan penerbangan sehingga tidak membuat risih penumpang lainnya.

Janganlah pula menghabiskan waktu terlalu lama di toilet karena ada orang lain yang ingin menggunakannya juga.

3. "Instruksi keselamatan dari kami bukanlah lelucon" 

Setiap kali sebelum pesawat melakukan take-off, kru maskapai penerbangan akan selalu memberikan petunjuk keselamatan.

Banyak sekali yang akhirnya mengabaikan instruksi ini karena menganggap penerbangan akan selalu berjalan lancar dan aman saja.

Bagi Robert, setiap penumpang sebenarnya selalu bertaruh nyawa setiap kali menginjakkan kaki di lantai pesawat.

Apa sulitnya memberikan perhatian penuh selama 10 menit kepada mereka?

4. "Jangan minta hal yang aneh" 

Saat kamu memiliki preferensi diet khusus seperti vegan atau gluten-free, bawalah sendiri makanan yang bisa kamu konsumsi.

Jangan selalu berharap kru maskapai penerbangan punya beragam jenis menu yang sesuai dengan preferensi dietmu.

Hargailah semua orang apapun profesinya.

Jika mau, pada saat pemesanan tiket, kamu menyertakan jenis makanan yang ingin disajikan.  (*)