Find Us On Social Media :

Negaranya Jajah Indonesia Selama 3,5 Abad Hingga Rampas Kekayaan Penduduk, Raja dan Ratu Belanda Akhirnya Kembalikan Benda Sakral Milik Pangeran Diponegoro

By Nopsi Marga, Rabu, 11 Maret 2020 | 10:32 WIB

Raja Belanda serahkan keris milik Pangeran Diponegoro

Grid.ID - Penjajahan yang dilakukan oleh Belanda selama 3,5 abad masih membekas di ingatan masyarakat Indonesia.

Selama peperangan, banyak sekali penduduk pribumi yang menjadi korban, tertindas, hingga harus menyerahkan harta bendanya kepada Belanda.

Demi mengusir penjajah Belanda, banyak orang yang ikut turun tangan, satu di antaranya adalah Pangeran Diponegoro.

Setelah peperangan yang begitu panjang, Indonesia baru merdeka pada 17 Agustus 1945.

Meski sudah merdeka, dampak dari kolonialisme masih dirasakan oleh masyarakat hingga saat ini.

Baca Juga: Lakukan Survei Tempat Sebelum Kunjungan Raja dan Ratu Belanda Ke Idonesia, Rombongan Perahu Paspampres Alami Kecelakan di Sungai Sebangau Hingga Menewaskan 6 Orang

Tak pelak, hal itu membuat raja Belanda saat ini merasa menyesal.

Oleh karena itu, pada kunjungannya ke Indonesia pada Senin (9/3/2020) kemarin, Raja Belanda Willem Alexander di dampingi Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti menyampaikan penyesalan dan permohonan maaf kepada Indonesia.

Melansir laman Antaranews, Raja Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti memohon maaf atas kekerasan berlebihan yang dilakukan oleh Belanda kepada masyarakat Indonesia di masa penjajahan.

"Selaras dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin menyampaikan penyesalan saya dan permohonan maaf untuk kekerasan yang berlebihan dari pihak Belanda di tahun-tahun tersebut," ungkap Raja Belanda Willem Alexande dalam pernyataan pers pada Selasa (10/3/2020), seperti Grid.ID lansir dari laman Antaranews.

Baca Juga: Gagal Program Bayi Tabung di Belanda, Zaskia Sungkar Curhat Perjuangannya Demi Punya Anak