Find Us On Social Media :

Kirim Surat pada Presiden Joko Widodo, WHO Minta RI Deteksi Dini Virus Corona pada Orang yang Flu dan Sesak Napas

By Novia, Sabtu, 14 Maret 2020 | 10:36 WIB

Direktur Jendral WHO Tedros Andhanom

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Organisasi kesehatan dunia atau WHO diketahui telah mengirimkan surat pada Presiden Joko Widodo.

WHO mengirimkan surat tersebut untuk memperingatkan penanganan wabah virus corona yang telah sampai di Indonesia.

Surat yang dikirimkan WHO ini berisikan imbauan agar Pemerintah Republik Indonesia (RI) sigap dalam menangani wabah virus corona.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Ridwan Kamil Kembali Imbau Masyarakat agar Menahan Diri untuk Tidak Mendatangi Kerumunan yang Melibatkan Dempetan Fisik!

Satu di antaranya dengan mendeteksi darurat nasional virus corona, melansir dari Tribun Style pada Sabtu (14/3/2020).

Surat yang ditandatangai resmi oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Andhanom itu juga diteruskan kepada Menteri Kesehatan serta Menteri Luar Negeri Republik Indonesia.

Ia menyampaikan, setiap negara harus melakukan langkah terukur untuk mencegah penyebar luasan virus corona atau covid-19.

Baca Juga: Satu Warganya Meninggal dan Dinyatakan Positif Virus Corona, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Sampaikan Pasien Datang dari Bogor

WHO mendorong setiap negara agar melakukan tes laboratorium terhadap orang-orang yang memiliki gejala terinfeksi virus corona.

"Khususnya di negara yang memiliki populasi besar dan fasilitas kesehatan yang tak merata di setiap wilayah," kata Tedros.

Sementara itu melansir dari Kompas.com, Tedros juga menekankan untuk melakukan deteksi dini pada orang-orang yang flu dan sesak napas.