Find Us On Social Media :

Sensus Penduduk 2020 Bisa Online, Tidak Ada Alasan untuk Bolos Sensus

By Sheila Respati, Minggu, 15 Maret 2020 | 18:59 WIB

Sensus penduduk memiliki banyak manfaat bagi kemajuan bangsa.

Grid.id - Sensus penduduk adalah istilah yang sangat sering didengar, tetapi tahukah mengapa kita harus ikut serta? Sesuai namanya, sensus penduduk memang bertujuan untuk menghitung jumlah penduduk Indonesia.

Namun ternyata, tidak sebatas mencatat data kependudukan. Hasil dari sensus penduduk memiliki manfaat yang penting bagi kemajuan bangsa.

Presiden Joko Widodo, dalam Pencanangan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) di Istana Negara, Jumat (24/2/2020) mengatakan bahwa sensus penduduk penting untuk menghasilkan data  kependudukan. Data tersebut dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan di berbagai bidang pembangunan.

Tidak hanya untuk perencanaan pembangunan di masa kini, tetapi juga mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi di masa depan.

Baca Juga: Sensus Penduduk Sekarang Bisa Lewat Online, Mari Kenali Manfaat dan Tujuannya

“Oleh karenanya, jangan memandang lagi bahwa SP2020 ini hanya pekerjaan BPS. SP2020 telah menjadi agenda kerja kita semuanya,” ujar Presiden Joko Widodo dalam Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Grid.id, Minggu (15/3/2020).

Sensus penduduk, lanjut Presiden Joko Widodo akan menjadi kunci langkah awal untuk menuju terwujudnya satu data kependudukan.

Data kependudukan tersebut dapat menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Kedua, menyediakan parameter demografi, proyeksi penduduk, serta indikator Sustainable Development Goals (SDG’s).

Mengingat pentingnya sensus penduduk, Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyelenggara pun melakukan inovasi agar tingkat pastisipasinya tinggi. BPS memahami seiring dengan perkembangan zaman, kepraktisan semakin dibutuhkan.

Sensus penduduk merupakan hajatan besar bangsa yang dilaksanakan tiap dasawarsa, tepatnya pada setiap tahun berakhiran nol. Setelah enam kali memakai cara tradisional, Sensus Penduduk 2020 (SP2020) hadir secara modern. SP2020 diselenggarakan secara online.

Baca Juga: 2020, BPS Lakukan Sensus Penduduk secara Online, Milenial Harus 'Melek'

Sensus penduduk sebelumnya yang dilakukan BPS pada 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010 dilakukan dengan cara tradisional. Petugas datang dari rumah ke rumah untuk melakukan wawancara.