Find Us On Social Media :

Biasa Jadi Penurun Demam, Kandungan Obat Ini Justru Dilarang Dikonsumsi Untuk Gejala Corona

By None, Rabu, 18 Maret 2020 | 15:29 WIB

Virus Corona paling lama hidup pada barang-barang ini

Grid.ID -  Seorang pasien yang terpapar virus corona biasanya memiliki gejala seperti sakit batuk ataupun flu.

Gejala tersebut meliputi batuk, demam tinggi di atas 37, lesu, hingga gangguan pernapasan.

Meskipun demam jadi salah satu gejalanya, pasien diimbau untuk tak mengonsumsi obat dengan kandungan ibuprofen. Kandungan ibuprofen biasanya terdapat dalam obat penurun panas.

Baca Juga: Viral Karena Kegigihannya Menangani Pasien Corona, Dokter Handoko Gunawan Kini Terkulai Lemas di ICU!

Badan Kesehatan Dunia ( WHO) mengeluarkan rekomendasi untuk tidak menggunakan ibuprofen dalam penanganan orang-orang yang menunjukkan gejala Covid-19.

Melansir France24, imbauan ini dikeluarkan WHO pada Selasa (17/3/2020), setelah Pemerintah Perancis secara resmi memperingatkan obat-obatan anti-inflamasi justru dapat memperburuk efek virus pada tubuh.

Baca Juga: Indonesia Dihebohkan dengan Virus Corona, Arie Untung Ungkap Ada Hal yang Jauh Lebih Berbahaya dari Covid-19 Namun Tidak Viral: Padahal Vaksinnya Ada di Mana-Mana!

Peringatan ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Perancis, Olivier Veran, karena penelitian terbaru di jurnal kedokteran The Lancet menyimpulkan peningkatan enzim menggunakan obat-obatan anti-inflamasi seperti ibuprofen, dapat memperparah infeksi Covid-19.

Gunakan parasetamol

Saat ditanya soal penelitian tersebut, Juru Bicara WHO Christian Lindmeier menyebut pakar kesehatan PBB masih mencari tahu untuk bisa memberi panduan lebih lanjut.

"Saat ini, kami merekomendasikan pengunaan parasetamol dan tidak menggunakan ibuprofen untuk pengobatan sendiri. Itu penting," kata Lindmeier.

Misalnya, jika terjadi demam yang merupakan salah satu gejala Covid-19, cukup gunakan parasetamol, jangan ibuprofen.