Find Us On Social Media :

Kafein Dalam Kopi Bukan Meningkatkan Kreativitasmu, Tapi Membuatmu Jadi Seorang Problem Solver

By Devi Agustiana, Kamis, 19 Maret 2020 | 19:22 WIB

Ilustrasi minuman kopi

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.IDKafein bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus dalam menyelesaikan masalah, tetapi hasil sebuah studi baru, bukan dengan cara merangsang kreativitas.

Sementara manfaat kognitif dari kafein yang mampu meningkatkan kewaspadaan, fokus, kinerja motorik, dan stimulan pada kreativitas kurang diketahui.

“Dalam budaya barat, kafein dikaitkan dengan pekerjaan kreatif dan gaya hidup.”

Baca Juga: Cocok untuk Milenial, Ini 7 Keuntungan Memiliki Rumah Kecil

“Misalnya penulis dengan minuman kopinya, programmer dengan minuman energinya,” kata peneliti studi, Darya Zabelina, Asisten Profesor di Universitas Arkansas, AS.

Dalam studi yang ditebitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition, para peneliti membedakan pemikiran “konvergen” dan “divergen”.

Yang pertama, didefinisikan sebagai mencari solusi spesifik untuk masalah, misalnya jawaban yang "benar".

Baca Juga: Laris Manis Sejak Bintangi Drama Sky Castle, Kim Hye Yoon Akhirnya Kebagian Peran Utama untuk Proyek Film Baru!

Yang kedua, dicirikan oleh generasi ide, misalnya novel atau tanggapan menarik akan cocok.

Dalam penelitian ini, kafein terbukti meningkatkan pemikiran konvergen, sementara mengkonsumsinya tidak memiliki dampak signifikan pada pemikiran divergen.

Lebih lanjut, dalam penelitian ini, 80 sukarelawan secara acak diberikan pil kafein 200 mg atau setara dengan satu cangkir kopi yang kuat.