Find Us On Social Media :

Ajari Anak Menyikat Gigi Sebelum Tidur Bisa Menjadi Ide untuk Quality Time

By Devi Agustiana, Jumat, 20 Maret 2020 | 21:25 WIB

Ilustrasi

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Gigi merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia.

Sebelum makanan masuk dan dicerna tubuh, gigi lah yang menjadi garda terdepan untuk melumatkan makanan di mulut.

Baik orang dewasa atau anak-anak, semuanya wajib menganggap penting tentang kesehatan gigi.

Namun, tahukan kamu jika menjaga kebersihan gigi saat sebelum tidur itu sangat penting?

Dari hasil survey yang dilakukan di 8 negara mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan menyikat gigi pada malam hari, ternyata banyak dilewatkan oleh anak-anak maupun orangtua.

Survei global yang dilakukan Unilever bekerjasama dengan King’s College London (Universitas ternama di Inggris yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di dunia) dilakukan dengan melibatkan 5.000 anak dan orangtua di seluruh dunia.

Di Indonesia, (dengan 506 anak sebagai populasi sampel), terlihat bahwa di antara anak-anak yang memiliki kondisi kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik, ternyata 34 persen belum membiasakan diri untuk sikat gigi di malam hari.

Hal ini artinya, mereka belum menjadikan kebiasaan ini sebagai prioritas ataupun bagian dari rutinitas sebelum tidur.

Perlu diketahui bahwa dampak sehari-hari yang dirasakan anak ketika tidak menyikat gigi pada malam hari hasil dari penelitian, diantaranya.

  1. 21 persen anak sering diejek teman karena kondisi giginya yang tidak sehat.
  2. 33 persen anak merasa rendah diri untuk bersosialisasi.
  3. 25 persen anak memilih untuk tidak mengikuti kegiatan sekolah.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Head of Sustainable Living Unilever Indonesia Foundation menyampaikan, bahwa kesehatan gigi dan mulut anak yang tidak rutin menyikat gigi di malam hari ternyata dua kali lebih buruk dibandingkan yang menyikat gigi.

“Sebagai official partner FDI World Dental Federation – penggagas Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, Pepsodent kembali bekerjasama dengan PDGI untuk memperingati hari istimewa ini dengan menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya kebiasaan sikat gigi pada malam hari pada anak-anak di seluruh Indonesia, terlebih karena survei global Unilever memperlihatkan bahwa kesehatan gigi dan mulut anak yang tidak rutin menyikat gigi di malam hari ternyata dua kali lebih buruk dibandingkan yang menyikat gigi,” jelas Drg. Mirah dalam keterangan tertulis, Jumat (20/3/2020).