Find Us On Social Media :

Miris! Tanpa Didampingi Keluarga dan Dibungkus Plastik, Begini Suasana Pemakaman Pasien yang Meninggal karena Virus Corona

By Okki Margaretha, Senin, 23 Maret 2020 | 09:39 WIB

Sejumlah petugas medis berpakaian khusu, tengah mengevakuasi seorang warga Cianjur yang terpapar virus Corona ke Posko Siaga Polres Cianjur, Minggu (15/3/2020). Momen tersebut merupakan bagian dari giat simulasi penanganan pasien suspect virus corona yang digagas jajaran Polres Cianjur.

Grid.ID – Angka kematian akibat virus Corona, Covid-19 semakin bertambah setiap harinya.

Menurut Juru Bicara Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, kematian akibat Covid-19 ini mencapai 48 orang per Minggu (22/3/2020) kemarin.

Jumlah ini bisa saja kian bertambah, mengingat pasien yang sudah dinyatakan positif mencapai angka 514 di hari yang sama.

Baca Juga: Beri Semangat Fans Indonesia untuk Lawan Wabah Virus Corona, Siwon Super Junior: Kita Pasti Bisa Lewati Ini, Saya akan Berdoa!

Nyatanya, ada sedikit perbedaan dalam tata cara untuk memakamkan orang yang meninggal akibat patogen berbahaya.

Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, berbagi video memilukan terkait jenazah korban virus corona yang akan dimakamkan.

Dari video berdurasi singkat itu, terlihat dua orang paramedis yang mengeluarkan jenazah dari sebuah mobil ambulance.

Baca Juga: Detri Warmanto Akui Butuh Mental Kuat Saat Menyatakan Diri Positif Corona

Dua paramedis itu menggunakan baju hazmat (hazardous materials), pakaian yang khas digunakan oleh paramedis sebagai APD (Alat Pelindung Diri) dari bahan berbahaya.

Paramedis yang mengangkut jenazah itu juga menggunakan masker, sarung tangan serta sepatu bot berwarna kuning.

Sementara itu, jenazah yang sudah terbujur kaku di atas tempat tidur beroda, dibungkus dengan kantung jenazah plastik berwarna oranye.

Baca Juga: Nekat Lakukan Resepsi di Tengah Wabah Virus Corona, Polisi Akhirnya Bubarkan Pesta Pernikahan di Purwokerto dan Semprot Semua Tamu dengan Disinfektan