Find Us On Social Media :

Akhirnya BPOM Merilis Panduan Membuat Hand Sanitizer yang Benar

By Devi Agustiana, Kamis, 2 April 2020 | 20:21 WIB

Hand Sanitizer

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Beragam cara dilakukan orang agar dapat membuat tameng dari virus corona.

Mulai menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menyemprotkan disinfektan, hingga menggunakan hand sanitizer.

Kepentingan barang-barang tersebut membuatnya menjadi barang langka dan mahal untuk saat ini, seperti hand sanitizer.

Baca Juga: Kabar Gembira, Listrik Gratis Berlaku untuk Pelanggan Prabayar dan Pascabayar Berdaya 450 VA! Bagaimana Mekanismenya?

Akhirnya banyak orang yang berusaha membuat hand sanitizer sendiri.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan edaran cara membuat hand sanitizer yang sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hand sanitizer dalam hal ini merupakan antiseptik dalam bentuk cair yang berfungsi menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan tubuh hidup, salah satunya adalah kulit.

Baca Juga: Ibu Jang Geun Suk Didakwa Penggelapan Pajak Senilai Rp 13 Miliar, Sang Juru Bicara Aktor Angkat Bicara: Kami Minta Maaf!

Antiseptik dapat digunakan untuk mencuci tangan, membersihkan permukaan kulit yang terluka, dan mengobati infeksi di rongga mulut.

Ketua Tim Pakar Gugur Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam keterangannya di Media Center Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan bahwa, hand sanitizer bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang telah direkomendasikan BPOM dari WHO.

Adapun bahan-bahan tersebut meliputi etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida tiga persen, dan air steril atau aquades.