Find Us On Social Media :

3 Penyebab Keputihan yang Sering Dianggap Sepele Wanita Menurut Pakar Kesehatan

By Dinda Tiara Alfianti, Selasa, 24 April 2018 | 16:35 WIB

Miss V Jerawatan?

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Setiap wanita pernah mengalami keputihan, meski hanya satu atau dua kali dalam hidupnya.

Hal inilah yang disampaikan oleh dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia yang ditemui oleh Grid.ID dalam acara Grand Launch Betadine Feminine Wash, yang diselenggarakan pada hari Selasa (24/04), di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta.

"Faktanya, 7 dari 10 wanita pernah mengalami keputihan yang disebabkan oleh area kewanitaan yang tidak jaga kebersihannya," jelas dr. Mery.

(Baca juga: Pertanda Keputihan Berbahaya, Simak Ciri-cirinya Berikut Ini, Wanita Wajib Tahu!)

Dan, kepada Grid.ID pakar kesehatan ini juga menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis keputihan dengan penyebab yang berbeda-beda pula pada wanita.

"Keputihan yang pertama adalah yang disebabkan oleh jamur, dan ini umum terjadi pada wanita. Cirinya adalah warna putih susu, kental, dan disertai dengan gatal yang dominan," ungkap dr. Mery.

Jenis keputihan inilah yang biasa dialami oleh wanita, karena kurangnya menjaga kebersihan di area kewanitaan.

(Baca juga: Perawatan Kesehatan Miss-V Untuk Cegah Keputihan dari Dokter Spesialis Kelamin, Salah Satunya Hindari Celana Dalam Terlalu Ketat)

Selanjutnya, keputihan yang disebabkan oleh trikomonas, biasanya 70% tidak terdapat gejala apapun.

"Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis (TV), biasanya warna keputihan terlihat kuning kehijauan, kadang berbusa juga," katanya.