Find Us On Social Media :

Pemerintah Telah Mewajibkan Penggunaan Masker Kain, Lantas Bagaimana Mencuci Masker Kain yang Efektif?

By Devi Agustiana, Senin, 6 April 2020 | 12:54 WIB

Ilustrasi. Masker kain bisa digunakan ketika akan keluar rumah.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Penyebaran Covid-19 sudah tidak bisa dianggap sepele, data per tanggal 6 April 2020 sudah 2.273 orang positif Corona di Indonesia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, sebagaimana menurut rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

“Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan #MaskerUntukSemua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” kata Yuri, Minggu (6/4/2020).

Baca Juga: Biasa Nyanyikan Lagu Tentang Jatuh Cinta, Bagas Ran Jajal Tantangan Baru di 'Cinta Begitu': Lebih Dalam Emosinya

Dalam hal ini masyarakat disarankan lebih bijak dan menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, sebab masker bedah dan N-95 yang sekali pakai hanya ditujukan untuk petugas medis.

“Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah,” jelas Yuri.

Untuk penggunaan masker kain dihimbau tidak lebih dari empat jam.

Baca Juga: Syahrini Tak Hadiri Acara Ulang Tahun Petinggi ANTV, Nia Ramadhani Malah Pamer Foto Akrab Bareng Luna Maya dan Singgung Soal Teman: Nggak Usah Jadi Gila Buat Jadi Temen Kita!

Dalam kesempatan yang sama, Yuri juga tak berhenti mengingatkan masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan jaga jarak sosial atau physical distancing, dan menjaga kebersihan tubuh.

Himbauan kewajiban masker kain telah diserukan Pemerintah Indonesia, lantas bagaimana mencuci masker kain yang efektif?

“Masker kain bisa dicuci. Masker kain digunakan tidak lebih dari empat jam, kemudian rendam masker kain yang telah dipakai di air sabun, lalu dicuci,” kata Yuri.