Find Us On Social Media :

Tips Perawatan Kulit Iklim Tropis Khusus Wanita Indonesia dari Dermatolog

By Annisa Suminar, Rabu, 25 April 2018 | 12:09 WIB

5 masalah kulit yang harus diserahkan ke dokter

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Suminar

Grid.ID - Indonesia termasuk salah satu negara dengan iklim tropis, di mana hanya mempunyai dua macam musim, yakni kemarau dan hujan.

Tinggal di negara tropis yang sepanjang tahun terpapar sinar matahari dan udara yang lembap, membuat kita rentan mengalami kerusakan kulit.

Mulai dari kulit kusam muncul vlek hitam, dan juga komedo.

(Baca juga: 3 Perawatan Untuk Kulit Berjerawat Ini Dianjurkan Oleh Ahli Dermatologi, Apa Saja ya?)

Namun, kita seringkali lupa merawat kulit dan menggunakan produk perawatan yang memang sesuai dengan kebutuhan kulit tropis.

Perawatan kulit paling utama di negara tropis adalah perlindungan dari sinar matahari, karena sinar matahari mempercepat penuaan dini, sehingga kulit harus dilindungi.

(Baca juga: Menurut Ahli Dermatologi, 6 Skin Care Ini Ternyata Tidak Terlalu Berguna, Apa Saja ya?

"Orang yang sering terkena sinar matahari secara langsung akan lebhu cepat mengalami penuaan dini. Cara merawatnya itu ada dua macam, yaitu proteksi fisik dan juga proteksi kimia. Kalau fisik itu bisa seperti topi, masker, kacamata. Sedangkan yang kimia dengan penggunaan sunscreen," ucap Anesia Tania, SpKK saat ditemui dalam acara Forum Ngobras yang diselenggarakan Ristra Cosmetodermatology, di Harlow Brasserie & Bar, The H Tower, Jakarta, Selasa, (24/04).

Dokter Anne menambahkan bahwa ada empat macam cara merawat kulit di iklim tropis agar kulit tetap sehat dan terjaga dari berbagai masalah yang akan menghampirinya.

(Baca juga: Mencukur Rambut Ketiak Bikin Jerawatan, Jangan Dibiarkan, Atasi dengan Cara Berikut Ini yuk!)